Saat Emil 'Ngiri' Dinamika Politik di Jawa Tengah

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA - Upaya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat tampaknya tidak menemui hambatan berarti. Sejumlah partai pun sudah menyatakan dukungannya seperti Nasdem, PKB, PPP, dan Golkar.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

"Dukungan lebih dari cukup," kata Ridwan saat mengunjungi kantor tvOne, Pulo Gadung, Jakarta, Kamis, 23 November 2017.

Tokoh yang akrab disapa Emil itu menuturkan dari segi perolehan kursi, sudah memenuhi syarat yaitu Partai Nasdem 5 kursi, PKB 7 kursi, PPP 9 kursi, dan Golkar 17 kursi sehingga total ada 38 kursi.

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

"Sudah memenuhi syarat," kata Emil.

Oleh karena itu, Emil pun sudah semakin mempersiapkan diri mengikuti kontestasi Pilkada Jabar yang digelar pada 2018 itu. 50 hari dari sekarang, atau sekitar Januari, dia akan mengambil cuti sebagai wali kota.

Ridwan Kamil Tawarkan Proyek Investasi di Jabar Rp700 Triliun

Lebih lanjut, selain mengenai pencalonannya, Emil juga menyinggung Pilkada di daerah lain. Dia menilai ada satu daerah yang cukup besar tapi dinamikanya cenderung adem ayem.

"Paling adem Jawa Tengah. Dari sisi trafik, Jawa Timur dan Jawa Barat cukup tinggi. Tapi Jawa Tengah anteng-anteng saja," kata dia.

Sejauh ini, dinamika politik di Jawa Tengah memang tidak seketat Jawa Timur dan Jawa Barat. Tokoh nasional yang muncul sebagai kandidat gubernur setidaknya adalah Ganjar Pranowo, Sudirman Said, dan Marwan Jafar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya