Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 27 November 2017 | 13:25 WIB
  • Gerindra Tarik Dukungan untuk Deddy Mizwar?

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Lilis Khalisotussurur
Gerindra Tarik Dukungan untuk Deddy Mizwar?
Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Deddy Mizwar

VIVA – Ketua DPP Gerindra, Sodik Mudjahid mengatakan partainya memutuskan untuk menarik dukungan dari Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Pasangan tersebut dinilainya tak memenuhi kriteria pasangan yang ditetapkan Gerindra.

"Empat kriteria yang ditetapkan Gerindra diantaranya terbaik untuk rakyat Jabar, terbaik untuk masing-masing internal partai, koalisi, dan untuk memenangkan," kata Sodik melalui pesan singkat kepada VIVA, Senin 27 November 2017.

Terkait kabar Deddy Mizwar menjadi anggota Demokrat, ia mengatakan masalah tersebut hanya menjadi salah satu hal yang belakangan muncul dan membuat Gerindra menarik dukungannya. "Ini masalah yang muncul  belakangan," kata Sodik.

Soal sosok yang akan diusung Gerindra, ia belum mau menyebutnya. Hanya saja sosok tersebut terbuka baik kader internal ataupun pendukung Gerindra.

"Kader dan atau pendukung lama  Gerindra. Kami masih godok empat kandidat di luar Deddy Mizwar. Bisa jadi H-1 pendaftaran baru diumumkan," ujar Sodik.

Ia menambahkan nama-nama yang digodok ini nanti akan diajukan ke mitra parpol lain. Meski begitu, kalau parpol yang dalam penjajakan koalisi ini menolak, tak menutup kemungkinan bisa menjalin komunikasi dengan parpol seperti PDIP.

"Kita masih akan bicara ulang secara  intens dengan PKS, PAN, Demokrat.
Soal dengan PDIP selama visi misi program dan sosoknya calonnya cocok untk rakyat Jabar yang modern, egaliter, relijius bukan hal yang mustahil," kata Sodik.

Adapun Presiden DPP PKS Sohibul Iman mengatakan selama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto belum bicara terkait penarikan dukungan pada Deddy Mizwar, maka ia menilai masih belum berubah. Artinya, Gerindra masih berkoalisi dengan PKS mengusung Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu.

Bagi dia, internal Gerindra kecuali Sodik Mujahid masih satu visi mendukung Deddy-Syaikhu. Sohibul menanggapi santai bila Sodik menyebut kemungkinan Gerindra mengubah dukunga ke Deddy-Syaikhu.

"Anda lihat di DPD itu cuma satu orang yang suaranya sama dengan Mulyadi, yaiti Sodik Mujahid. Tanya Fadli Zon, Riza Patria, Ahmad Muzani semua masih ke Deddy Mizwar. Sodik sama dengan Mulyadi karena dapilnya dari Jawa Barat," tuturnya kepada VIVA, beberapa waktu lalu.