Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 27 November 2017 | 22:13 WIB
  • Prabowo Siap Mainkan Strategi Lama di Pilgub Jateng

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Prabowo Siap Mainkan Strategi Lama di Pilgub Jateng
Photo :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita
Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto

VIVA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto siap turun gunung ke pelosok-pelosok daerah demi memenangi Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Hal itu disampaikan saat konsolidasi bersama ratusan kader di Semarang.

"Pak Prabowo sampaikan bahwa dia juga siap turun ke Jateng sampai ke daerah-daerah, kalau perlu akan ke RT-RT seperti (Pilgub) DKI," kata Ketua DPD Gerindra Jateng, Abdul Wahid, Senin, 27 November 2017.

Dalam konsolidasi tetutup itu, menurut Wahid, partainya akan menerapkan strategi pemenangan yang sukses diterapkan di Pilgub DKI. Di mana koalisi Gerindra, PKS dan PAN mampu memenangkan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Kala itu, menurut Wahid, Prabowo berhasil menarik simpati masyarakat dengan turun ke tingkat bawah.

"Strategi DKI kita terapkan karena keberhasilan di DKI adalah pencapaian yang luar biasa dan tidak dikira-kira oleh yang lain. Di sana (lawan) lebih kuat segala-galanya dan di kita paket hemat tapi menang. Ini strategi yang mestinya bisa dicontoh," tutur dia.

Meski tak spesifik menyebut lawannya di Jateng, Wahid memberikan bocoran bahwa partainya menerapkan strategi bawah tanah untuk menggalang koalisi melawan PDIP. Ia mengisyatkan bahwa partai besutan Megawati Soekarnoputi itu menguasai 30 persen kekuatan di Jawa Tengah. PDIP juga menjadi satu-satunya partai yang dapat mengusung pasangan calon sendiri di Pilgub Jateng.

"Katanya di sana kekuatan 30 persen, nah kita manfaatkan yang 70 persen untuk kita rebut suaranya. Kita itu (Geindra) ada gerakan di bawah tanah. Jadi kalau disebut tidak ada apa-apa dan adem ayem tidak benar demikian," katanya.

Saat ini Gerindra memastikan telah mengerucutkan dua nama yang akan diusung dalam Pilgub Jateng. Keduanya adalah Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono dan Mantan Menteri ESDM Sudirman Said. Keduanya juga telah mendapatkan restu Prabowo Subianto untuk direkomendasikan pada awal Desember 2017.

"Pak Prabowo sampaikan ke Pak Sudirman dan Pak Ferry, kalau nanti dapat amanah, jangan sekali-kali kalian korupsi dan berjuang untuk rakyat. Termasuk menjelaskan bahwa kemiskinan Jateng masih tinggi," ujar dia.