Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 10:20 WIB
  • Eks Menteri Ikut Disiapkan Gerindra Jadi Penantang Ganjar

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Eks Menteri Ikut Disiapkan Gerindra Jadi Penantang Ganjar
Photo :
  • VIVA/Dwi Royanto
Ferry Juliantono (kanan) dan Abdul Wahid (tengah), masing-masing petinggi Partai Gerindra; dan Sudirman Said, eks Menteri ESDM, di Semarang, Jawa Tengah, pada Senin malam, 27 November 2017.

VIVA – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menggelar rapat konsolidasi pemenangan partainya di Pilgub Jawa Tengah 2018. Meski belum mengumumkan calon, partai itu menjanjikan paling lama awal Desember sudah diputuskan figur yang akan diusung untuk jadi penantang sang petahana, Ganjar Pranowo.

Rapat konsolidasi digelar tertutup di Hotel Patrajasa Semarang dan dihadiri seluruh pengurus serta anggota legislatif tingkat kabupaten/kota hingga pusat. Dua tokoh, yakni Sudirman Said (mantan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral) dan Ferry Juliantono (wakil ketua umum Gerindra), turut memberikan paparan di hadapan Prabowo dan seluruh kader.

Menurut Ketua Gerindra Jawa Tengah, Abdul Wahid, kedua sosok itu sengaja diberikan waktu untuk paparan di hadapan seluruh kader, karena mereka digadang-gadang mendapatkan rekomendasi sebagai calon.

"Memang ada dua yang kami mau usung, yakni Waketum Gerindra Ferry Juliantono dan Sudirman Said dari kalangan profesional," kata Wahid usai rapat konsolidasi itu pada Senin tengah malam, 27 November 2017.

Keputusan akhir tentang figur yang akan dicalonkan memang pada pimpinan pusat Partai Gerindra. Tetapi, Wahid memastikan dalam waktu dekat diumumkan langsung ke publik, paling lama awal Desember.

Namun demikian, keputusan calon itu juga mengumumkan partai mana saja yang berkoalisi dengan Gerindra. Kekuatan elektoral Gerindra di Jawa Tengah hanya sebelas kursi.

Artinya, masih butuh sembilan kursi lagi dengan cara berkoalisi agar bisa mengusung pasangan calon. Syarat mengusung pasangan calon dalam pemilihan kepala daerah mesti memiliki minimal 20 kursi di DPRD.

"Kami masih intens, dengan partai ini penjajakan ke semua partai. Kami harus menyamakan persepsi terkait siapa yang kami akan usung. Pak SS (Sudirman Said) dan Pak Ferry, kan, siap di posisi apa pun," ujarnya.

Prabowo memang tak memberikan keterangan pers dan langsung meninggalkan lokasi acara. Tapi, Sudirman Said maupun Ferry Juliantono mengaku optimistis mereka bakal diusung Gerindra dan siap untuk posisi calon gubernur maupun wakil gubernur.