Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 23:05 WIB
  • Pilgub Jateng, PKB Bentuk Koalisi Gemuk Lawan PDIP

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Pilgub Jateng, PKB Bentuk Koalisi Gemuk Lawan PDIP
Photo :
  • ANTARA/Ismar Patrizki
Marwan Jafar

VIVA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serius mencalonkan mantan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Marwan Jafar, untuk bertarung di Pilgub Jawa Tengah 2018. PKB bahkan berambisi membentuk koalisi besar untuk melawan dominasi PDIP.

Wakil Ketua Dewan Pengurus Wilayah PKB Jawa Tengah, Muh Zen Adv, menyebut partainya akan mengumumkan secara resmi koalisinya pada awal Desember mendatang. Sejauh ini, partainya intens bekomunikasi dengan Gerindra, PAN dan PKS.

"Harapan kami bisa mengajak empat sampai lima partai untuk Pilgub Jawa Tengah 2018," kata Zen di Semarang, Selasa, 27 November 2017.

Bersama tiga partai tersebut, lanjut dia, partainya telah mengerucut untuk kepastian koalisi. Meskipun secara personal, nama yang disepakati belum muncul, sebab masing-masing partai memiliki usulan calon sendiri.

"Secara personal belum. Tapi visi-misinya sudah mengerucut. Dengan Gerindra, PAN, PKS, kami ketemu pada visi misi membangun Jateng," katanya.

Namun demikian, dia berharap Pilgub Jateng nanti akan diikuti tidak hanya dua pasangan calon. Hal itu tentu akan semakin memberi peluang pendatang baru di tengah dominasi PDIP yang merupakan satu-satunya partai dengan kursi DPRD terbanyak.

Sejauh ini, PKB menjadi satu-satunya partai yang paling dini menentukan calon yang diusung, yakni Marwan Jafar. Bahkan, partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu telah membentuk relawan dan tim pemenangan hingga tingkat akar rumput atau gressroot.

Sementara itu, Partai Gerindra sendiri juga telah mengerucutkan dua nama untuk diajukan dalam koalisi dengan partai lain. Keduanya adalah Sudirman Said (Mantan Menteri ESDM) dan Ferry Juliantono (Waketum Gerindra). Partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu juga akan mengumumkan calonnya pada awal Desember mendatang.

Gerindra juga mengklaim telah membentuk koalisi besar bersama PAN, PKS serta intens berkomunikasi dengan PKB. Koalisi besar itu untuk menantang cagub PDIP yang digadang-gadang akan kembali mengusung petahana Ganjar Pranowo. (ase)