Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 2 Desember 2017 | 20:15 WIB
  • Ridwan Kamil Tak Ambil Pusing Setya Novanto Jadi Tersangka

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Lilis Khalisotussurur
Ridwan Kamil Tak Ambil Pusing Setya Novanto Jadi Tersangka
Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ridwan Kamil Kunjungi Kantor VIVA.co.id.

VIVA – Bakal Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengajak partai yang belum bersikap pada pilkada Jawa Barat agar mengusung dirinya.

Partai politik yang belum menentukan sikap pilihan di antaranya Hanura, Gerindra, dan PDIP. "Kalau komunikasi terus dilakukan," kata Emil di Hotel Marylin, Jakarta, Sabtu 2 Desember 2017.

Ia mengaku jika komunikasi dan pesan terhadap partai yang belum bersikap terus ia lakukan. Sehingga, ketika ada kecocokan, ia mengharapkan agar partai tersebut bisa mengusung dirinya.

"Kalau cocok mari bergabung, kalau tidak seperti yang lain tak akan dipaksa. Pada dasarnya semakin banyak dukungan semakin positif. Tapi apapun hasilnya media pasti saya kasih tahu. Sampai hari ini belum ada (tambahan dukungan). Saya masih fokus di empat (parpol) yang ada," tuturnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil telah didukung empat parpol yaitu Nasdem, PKB, PPP, dan Golkar. Selain itu, Emil mengaku tidak khawatir dinamika di internal Golkar pasca-Ketua Umum Golkar Setya Novanto menjadi tersangka kasus megakorupsi KTP-elektronik.

"Saya orang paling optimis se-Indonesia. Saya selalu melihat setiap ada problem pasti ada solusi. Jadi dinamika selalu ada," jelasnya.

Ia menjelaskan dasar Golkar mencalonkan dirinya bersifat kolektif dan atas nama institusi. Ia ogah dirinya disebut diusung atas nama pribadi.

"Dasarnya institusi bahwa saya diusung Golkar bukan oleh pribadi tapi institusi. Jadi saya diwawancarai bertahap, tak hanya satu. Jadi kalau ada perubahan kepemimpinan, mekanisme pencalonan berdasarkan kolektivitas. Maka saya tidak khawatir," kata Emil.