Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 2 Desember 2017 | 20:21 WIB
  • Ridwan Kamil Tiru Khofifah Pilih Calon Wakilnya

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Lilis Khalisotussurur
Ridwan Kamil Tiru Khofifah Pilih Calon Wakilnya
Photo :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

VIVA – Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akan meniru cara Khofifah Indar Parawansa dalam menentukan wakilnya, di mana meminta nasehat dari sesepuh atau tokoh masyarakat. Seperti diketahui, Khofifah menjadi bakal Calon Gubernur Jawa Timur.

"Beberapa partai pengusung inginkan kadernya. Saya nggak bisa tentukan langsung sendiri. Maka caranya meminta pendapat dari orangtua seperti yang dilakukan ibu Khofifah di Jatim. Itu salah satu cara yang paling baik, mendengar pendapat kyai maupun tokoh masyarakat," kata Ridwan di Hotel Marylin, Jakarta, Sabtu 2 Desember 2017.

Ia juga menjelaskan pada dasarnya keputusan wakil harus dimusyawarahkan termasuk yang menjadi usulan tiap partai. Sehingga ia sedang mencari formula musyawarah untuk menentukan wakilnya.

"Jangan sampai siapapun yang inginkan ada pasangan wakilnya membuat koalisi ini jadi pecah. Jadi sedang cari cara agar proses komunikasi ini diterima semua pihak. Yang saya tak harapkan jika satu dua partai berpisah hanya gara-gara perbedaan pendapat. Mudah-mudahan masih di bulan ini bisa disampaikan," kata Emil.

Ia menambahkan akan meminta pendapat tokoh-tokoh Jabar untuk menentukan wakil. Tak hanya pendapat tokoh masyarakat, ia juga akan memperhatikan hasil survei.

"Jadi gabungan antara pendapat tokoh Jabar dengan survei adalah cara yang paling baik untuk dapatkan sebuah kesimpulan yang memadai. Bulan ini pasti (diumumkan wakil) dan nggak akan lebih dari minggu ketiga," katanya.