Perkuat Poros Maritim, Panglima TNI Selayaknya dari TNI AU

Susaningtyas Kertopati
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Pilihan Jokowi dinilai sudah tepat karena sesuai dengan visi sebagai negara poros maritim.

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Pengamat militer dan intelijen, Susaningtyas Kertopati mengatakan, untuk mewujudkan visi Indonesia poros maritim dunia itu, maka yang perlu diperkuat adalah sektor laut dan udara.

"Sesuai dengan tahapan pembangunan kekuatan maritim sudah selayaknya alutsista AU mendapat prioritas pertama. Kekuatan udara dibangun agar mampu beroperasi 24 jam hingga ruang udara di atas ZEE dan landas kontinen," kata Susaningtyas, dalam keterangan tertulisnya, Senin 4 Desember 2017.

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Nuning, sapaan Susaningtyas Kertopati, mengatakan, keunggulan matra udara diperlukan untuk mendukung sektor laut dan keamanan stabilitas kemaritiman. Maka, menurut dia, sudah benar bila calon panglima TNI berasal dari matra AU.

"Sudah selayaknya panglima TNI dijabat dari TNI AU guna mewujudkan kepentingan nasional atas pertahanan maritim tersebut," kata dosen Universitas Pertahanan tersebut.

4 Pejabat Penting di Lingkungan TNI Diganti, Mayjen Yudi Resmi Jabat Kabais TNI

Kemudian, Nuning menekankan, ruang udara memiliki nilai yang penting dalam mendukung proses pembangunan pemerintahan saat ini. Daerah perbatasan RI harus menjadi prioritas pengawasan.

"Sehingga pola gelar TNI AU mengutamakan di daerah depan yaitu Natuna, Tarakan, Morotai, Biak, Merauke, dan Kupang. Dengan demikian kita akan mampu mengawasi ruang udara dan wilayah yang ada di bawahnya mulai dari ZEE," tutur mantan anggota Komisi I DPR tersebut. (art)

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin upacara kenaikan pangkat Pati TNI

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

29 Pati TNI itu terdiri dari 21 Pati TNI AD, 4 Pati TNI AL, dan 4 Pati TNI AU

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024