Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 Desember 2017 | 17:42 WIB
  • MKD Segera Beri Kesimpulan soal Nasib Setya Novanto

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Lilis Khalisotussurur
MKD Segera Beri Kesimpulan soal Nasib Setya Novanto
Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A
Setya Novanto

VIVA – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) segera mengambil kesimpulan terkait status Ketua DPR Setya Novanto usai meminta keterangan pimpinan DPR dan Sekretariat Jenderal DPR. Namun, kesimpulan terhadap dugaan pelanggaran etika Novanto belum bisa dipastikan waktunya.

Wakil Ketua MKD, Sarifudin Sudding, mengatakan segera memberikan kesimpulan bila memang tak ada lagi yang diminta keterangan.

"Ya kemungkinan kami akan mengambil satu kesimpulan. Kalau memang sudah tidak ada lagi hal yang perlu didalami dari keterangan-keterangan pihak kesetjenan dan pihak terkait. Kami akan segera mengambil kesimpulan ketika tidak ada hal yang penting untuk kami konfirmasi ulang pada Pak Setya Novanto," kata Sudding di gedung DPR, Jakarta, Senin 4 Desember 2017.

Menurut dia, saat ini MKD masih mengupayakan keterangan Novanto pada pihak Sekretariat Jenderal dan dan pimpinan DPR. MKD masih menunggu rapat pimpinan dan rapat konsultasi pengganti badan musyawarah (bamus).

"Kami masih menunggu setelah selesai rapat lalu kami ambil keterangannya. Saya kira banyak hal. Keterangan Pak Setya Novanto kemarin cukup banyak hal yang disampaikan kepada MKD dan keterangan itu akan kami konfirmasi kepada pihak kesetjenan," kata Sudding.

Ia mengatakan, Novanto sudah menceritakan posisi saat terjadi penggeledahan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi di rumahnya. Termasuk soal kronologi kecelakaan saat akan menyerahkan diri ke KPK.

"Termasuk katakanlah pada saat Pak Setya Novanto pada hari Minggunya berada di DPR sempat salat Magrib lalu ke Metro TV, lalu kecelakaan. Ya semua sudah disampaikan Pak Setya Novanto," kata Sudding.