Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 19:01 WIB
  • MKD ke Bareskrim, Dapat Bahan Tangani Kasus Viktor Laiskodat

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Irwandi Arsyad
MKD ke Bareskrim, Dapat Bahan Tangani Kasus Viktor Laiskodat
Photo :
  • VIVA/Irwandi Arsyad
Anggota MKD datangi Bareskrim

VIVA – Mahkamah Kehormatan Dewan atau MKD DPR menyambangi kantor Badan Reserse Kriminal Polri di Jakarta Pusat, Selasa 5 Desember 2017. 

Kedatangan sejumlah anggota MKD ke Bareskrim Polri ini untuk berkoordinasi dengan Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, terkait perkembangan kasus dugaan ujaran kebencian Viktor Laiskodat, anggota DPR dari Fraksi Partai Nasdem.

Di antara anggota MKD yang hadir yaitu Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua MKD Sarifuddin, anggota Muhammad Syafi'i, Agung Widyantoro, Maman Imanulhaq dan sejumlah anggota MKD lainnya.

Menurut Sarifuddin, kedatangan MKD untuk mengonfirmasi ke penyidik Bareskrim dalam kaitan kasus Viktor.

"Dari beberapa keterangan-keterangan yang disampaikan pihak penyidik kepada MKD, intinya kami juga akan menjadi bahan bagi kami di MKD untuk melakukan pendalaman terhadap beberapa keterangan-keterangan yang nantinya akan dimintai apakah itu saksi-saksi maupun terlapor," kata Syarifuddin di Bareskrim Polri, Jakarta Pusat.

Politikus Partai Hanura ini mengatakan, sejumlah hal yang disampaikan oleh penyidik Bareskrim Polri kepada MKD ini akan menjadi salah satu pertimbangan untuk MKD mengambil langkah-langkah ke depannya. Sayangnya ia enggan memaparkan apa saja yang disampaikan oleh penyidik kepada mereka.

"Ya saya kira beberapa hal yang sudah disampaikan pihak Bareskrim dan itu menjadi pertimbangan bagi MKD dalam langkah untuk membuat suatu kesimpulan dalam kaitan laporan yang disampaikan sekelompok orang dugaan pelanggaran etik oleh Viktor," ujarnya.

Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Komisaris Besar Panca Putra mengatakan, penyidik sudah menjelaskan proses dan perkembangan penyelidikan kasus Viktor.

"Tadi kami menjelaskan proses penanganan perkara yang dimaksud sampai sejauh mana langkah-langkah yang sudah kami lakukan. Yang jelas kami laporkan dan kami sampaikan langkah-langkah penyelidikan itu, terus berjalan, untuk membuat terang perkara ini, untuk kami tentukan tindak lanjutnya seperti apa," kata Panca.

Panca menegaskan, penyidik terus bekerja dengan memeriksa keterangan saksi, keterangan dan mengumpulkan semua bukti. Selain itu, ia mengatakan, MKD juga menjelaskan terkait langkah yang sudah dilakukan oleh MKD selama ini.

"Langkah-langkah yang sudah dilaksanakan selama ini, pemeriksaan dan interview saksi-saksi dan mengumpulkan dan memeriksa barang bukti. Beliau menyampaikan mekanisme di MKD, apa yang jadi tugas MKD terkait kejadian ini, saya kira MKD bisa berjalan dan Polri bisa berjalan," ujarnya. (ase)