PAN Sebut Hadi Tjahjanto Tepat Jadi Panglima TNI

KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang kini menjadi calon tunggal Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki usia pensiun.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter @_TNIAU

VIVA – Wakil Ketua Komisi I DPR dari Fraksi PAN, Hanafi Rais menilai penunjukan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Hadi Tjahjanto sebagai calon panglima TNI adalah tepat. Ia menyebutkan sejumlah alasannya.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

"Dulu ketika Jokowi dilantik jadi Presiden dan memilih panglima yang pertamanya dari angkatan darat yaitu Pak Gatot (Gatot Nurmantyo). Dan sekarang Angkatan Udara, di mana KSAU ini sudah kira-kira akhir di zaman SBY dan baru kedua kalinya ini. Saya pikir ini sudah tepat dan KSAU ini dibilang the right man, on the right place, on the right times," kata Hanafi di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 5 Desember 2017.

Putra Amien Rais ini menjelaskan, banyak pelanggaran teritorial udara maupun kemaritiman yang terjadi di wilayah Indonesia. Menurutnya, panglima yang baru ini perlu memperjelas Zona Ekonomi Eksklusif.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

"Kesebangunan wilayah keudaraan kita. Dan perkuat dengan sistem adanya pembelian Sukhoi dan alutsista yang lain dalam rangka itu. Disetujui dan dilantik, ini jadi relevansi yang harus dikelola dan harus ditunaikan jadi panglima tadi," kata Hanafi.

Hanafi mengakui, Hadi memang layak menjadi panglima TNI. Adapun soal catatan khusus, tergantung pada paparan saat uji kelayakan nanti. "Itu tergantung paparan Hadi nanti. Saya kira punya kesempatan baru dinilai, dan diberi kesimpulan," kata Hanafi.

5 Sosok Jenderal Bintang 1 yang Dilantik Panglima TNI Jadi Kasdam, Ada eks Kadispenad
VIVA Militer: Kasum TNI pimpin upacara laporan kenaikan pangkat 19 Pati TNI

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024