Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 19:38 WIB
  • Sering Anomali, Demokrat Yakin Deddy Mizwar Menang di Jabar

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Eka Permadi
Sering Anomali, Demokrat Yakin Deddy Mizwar Menang di Jabar
Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Deddy Mizwar

VIVA – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo, memprediksi Pilkada Jawa Barat akan diikuti oleh tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Saat ini baru muncul dua pasangan, yaitu Ridwan Kamil-Daniel Muttaqien dan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu.

"Saya menganggap masih tiga pasang, karena untuk maju di Jabar,  PDIP masih bisa maju sendiri dengan 20 kursi di DPRD, apalagi ditambah Gerindra," kata Roy saat publikasi temuan Survei Poltracking Indonesia di Kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa 5 Desember 2017.

Menurut anggota Komisi I DPR itu, meskipun nantinya akan muncul tiga pasangan kandidat calon Gubernur, Partai Demokrat masih optimis pasangan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu akan menang. 

"Bila ada tiga pasangan yang muncul dan kami runner up. Runner up itu, bukan tidak mungkin untuk menang. Dan yang juara survei, bukan tidak mungkin tidak bisa dikalahkan," ujarnya.

Selain itu, mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga ini berpandangan, Pilkada Jawa Barat mempunyai banyak keunikan. Hal terlihat dari Pilkada 2008 saat pasangan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf muncul.

"Saat itu siapa yang tahu, Ahmad Heryawan. Dan bukan pemenang survei," ucapnya. 

Roy Suryo menuturkan, anomali politik terjadi kembali pada Pilkada 2014 yang mana survei menunjukkan Dede Yusuf unggul di atas Ahmad Heryawan. Tapi hasil Pilkada menunjukkan fakta lainnya.

"2014 lalu, ketika Kang Dede Yusuf last minute, langsung drop, karena ada tragedi politik yang dialami Ketua kami waktu itu, Mas Anas Urbaningrum. Itu terus menggerus sampai jatuh, sehingga Ahmad Heryawan jadi Jabar 1 saat ini," kata dia.

Atas dasar itu, Partai Demokrat masih sangat optimis meski hasil survei Poltracking menempatkan pasangan, Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu di bawah pasangan Ridwan Kamil-Daniel Muttaqien. 

"Kami sangat berterima kasih dan kami sangat mencermati, bahkan jauh-jauh hari membuat energi kami makin terpacu. Survei 10-15 November, menurut kami sangat masuk akal, membuat kami semangat lagi," katanya. (ase)