Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 6 Desember 2017 | 22:11 WIB
  • Sayap Ulama Golkar Desak Novanto Mundur dengan Ikhlas

  • Oleh
    • Rochimawati,
    • Reza Fajri
Sayap Ulama Golkar Desak Novanto Mundur dengan Ikhlas
Photo :
  • Anadolu Ajansi/Eko Siswono Toyudho
Setya Novanto

VIVA – Dorongan agar segera dilaksanakan agenda Musyawarah Nasional Luar Biasa, atau Munaslub Partai Golkar terus menguat. Salah satu ormas sayap Partai Golkar, yakni Satuan Karya Ulama Indonesia juga meminta keikhlasan Ketua Umum Golkar Setya Novanto untuk segera mundur. 

"Dewan Pimpinan Pusat Satuan Karya Ulama Indonesia, sebagai Organisasi Kemasyarakatan Karya dan Kekaryaan yang didirikan oleh Partai Golkar memohon keikhlasan Bapak Drs. H. Setya Novanto, Ketua Umum DPP Partai Golkar 2016-2019 untuk legowo dan secara terhormat dapat mengundurkan diri," kata Ketua Satkar Ulama, Muhammad Aly Yahya di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu 6 Desember 2017.

Aly menjelaskan, berdasarkan Pasal 32 ayat 3 AD/ART Partai Golkar hasil Munaslub Bali 2016, Satkar Ulama bisa mendukung untuk secepatnya diselenggarakan Munaslub. 

"Yang secara konstitusional merupakan forum musyawarah yang paling tinggi dalam rangka perubahan dan pergantian Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar," ujar Aly. 

Sementara itu, untuk dukungan sendiri, Satkar Ulama mendukung kader Partai Golkar dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto untuk maju menjadi calon Ketua Umum dalam Munaslub nanti. Hal ini juga telah disampaikan kepada Airlangga. 

"Dewan Pimpinan Pusat Satuan Karya Ulama Indonesia mendukung sepenuhnya dan mencalonkan saudara lr. H. Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Aly. 

Di tempat yang sama, Airlangga menyebut dukungan ini bisa ditindaklanjuti sebagai bahan untuk menjelang Munaslub. Apalagi, 31 DPD juga sudah menyampaikan usulan Munaslub kepada DPP.

"Dengan demikian, tentunya menjadi bekal yang lebih lengkap untuk menjelang Munas. Tadi 31 DPD tingkat 1 sudah menemui dan menyerahkan surat kepada DPP, dan DPP direncanakan untuk mengadakan pleno pada hari Senin nanti. Tentunya, pleno hari Senin nanti akan menentukan jadwal Munas," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 31 Dewan Pimpinan Daerah I Partai Golkar menyampaikan agar segera dilaksanakan agenda Munaslub. Ketua Pelaksana Partai Golkar, Idrus Marham pun merespons positif niat dari pengurus DPD I untuk melakukan Munaslub Golkar. Nantinya dari DPP akan melakukan rapat terlebih dahulu

"Yang hadir 31 dari 34 (DPD I) menyampaikan aspirasi agar dilaksanakan Munaslub Partai Golkar," kata Idrus di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Angrek Neli, Jakarta Barat, Rabu, 6 Desember 2017.