Media Simpan

Solid State Drive Kini Tembus 1 TB

VIVAnews - OCZ Technology Group, Inc., salah satu pemain di industri memori dan media simpan berbasis flash menghadirkan media simpan terbarunya. Colossus, yang merupakan Solid State Drive 3.5 inci didesain untuk memenuhi kebutuhan pengguna desktop high end dan kalangan enterprise.

Yang menarik, OCZ menghadirkan berbagai versi kapasitas hingga berukuran 1 Terabyte. Kapasitas tersebut merupakan yang terbesar di industri solid state drive saat ini.

“Colossus series didesain untuk meningkatkan performa desktop dan workstation,” kata Eugene Chang, Vice President of Product Management OCZ Technology Group, pada keterangan resminya, 23 November 2009. “Pengguna yang membutuhkan kecepatan, kehandalan, dan kapasitas simpan maksimum juga dapat memanfaatkan produk ini,” ucapnya.

Untuk mengimbangi kapasitas besar yang disediakan, OCZ Colossus juga diperkuat dari sisi performa. Arsitektur RAID 0 ditanamkan pada storage yang terpasang di dalam. Dengan demikian, OCZ mengklaim bahwa pemrosesan data bisa dilakukan secara lebih cepat pada aplikasi umum seperti email, internet, dan transfer file.

Colossus SSD tersedia dalam kapasitas 128GB, 256GB, 512GB, dan 1 TB. Form factornya yang tidak lazim, yakni 3,5 inci seperti harddisk untuk PC desktop atau server, dan bukan 2,5 inci seperti harddisk untuk notebook disebutkan untuk menampung kebutuhan yang lebih luas. Misalnya untuk dipasang pada server dan lain-lain.

OCZ berani mengklaim bahwa solid state drive ini mampu bekerja salama 1,5 juta jam sebelum mengalami kerusakan. Garansi selama 3 tahun tersedia lengkap dengan dukungan teknis. Sayangnya Anda perlu merogoh kocek lumayan dalam jika tertarik untuk memilikinya.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Versi 120GB dari OCZ Colossus dilepas di kisaran 550 dolar AS, adapun versi 1TB dijual di harga 3 ribu dolar AS. Belum ada informasi seputar ketersediaan produk ini dari distributor resminya di pasaran Indonesia.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024