Sistem 'Manusia Super' Google Lacak Lokasi Semua Foto

Foto Google Street View
Sumber :

VIVA.co.id – Google merancang artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan bernama PlaNet. Kecerdasan buatan tersebut memungkinkan dapat mengidentifikasi lokasi foto saat diambil.

AI Ungkap Bahwa Inggris Akan Hilang

PlaNet merupakan hasil karya dari tim spesialis visi komputer Google, Tobias Weyand dan rekan-rekannya. Mereka menemukan cara mengetahui asal-usul lokasi foto itu berada dengan memanfaatkan piksel yang ada di dalamnya.

Dilansir dari Discovery, Senin, 29 Februari 2016, PlaNet akan bekerja dengan melacak dan membandingkan foto yang serupa lainnya, kemudian mencari petunjuk. Dengan demikian, akan muncul lokasi tempat foto tersebut diambil. Weyand mengklaim programnya itu lebih baik daripada Geotag.

Rainforest Connection Pasang 'The Guardian' di Hutan Sumatera Barat

Disebutkannya, PlaNet ini juga membandingkannya dengan GeoGuessr, sebuah game online tentang pelacakan lokasi foto-foto yang ada di belahan dunia. Weyand mengungkapkan PlaNet lebih baik daripada GeoGuessr sampai tingkat akurasinya disebut ‘manusia super’.

"PlaNet melebihi cara pendekatan sebelumnya, bahkan sampai melebihi tingkat akurasi manusia super lainnya dalam beberapa kasus," ucapnya.

Kecerdasan Buatan Diklaim Bisa Saring Informasi Fakta dan Hoax

Untuk menguji tingkat akurai dari PlaNet ini, Weyand bersama timnya telah mengambil contoh foto dari Flickr. Mereka mengambil 2,3 juta foto secara acak, lalu mempersempitnya menjadi 48 persen lokasi benua, dengan dugaan kesamaan piksel tersebut.

Kemudian, diperkecil lagi sampai 28,4 persen mencocokan negara. Terus ke kota dengan tingkat penyempitannya jadi 10,1 persen, hingga jalan yang sebenarnya dengan 3,6 persen penyempitan dari sebelumnya.

Direncanakan Weyand dan tim ingin menampilkan kecerdasan buatan Google tersebut untuk dapat dinikmati oleh masyarakat dengan digunakan melalui smartphone. Sekarang, PlaNet memiliki beban memori sebesar 377 MB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya