Faycal Bouchlaghem Pimpin Microsoft Indonesia

VIVAnews -  Setelah Presiden Direktur Microsoft Indonesia Tony Chen mengundurkan diri, Microsoft belum menemukan penggantinya.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Sambil menunggu pengganti Tony Chen, Microsoft telah memperkenalkan orang yang akan bertanggung jawab memimpin Microsoft Indonesia. Dialah Faycal Bouchlaghem Chief Operating Officer (COO) Microsoft Indonesia.

Faycal (baca: Faisal), adalah salah satu veteran Microsoft yang telah malang melintang di dunia IT selama 17 tahun. Sebelum dipercaya menjadi COO Microsoft Indonesia, pria kelahiran Tunisia itu menjabat sebagai General Manager of  the Emerging Segments Markets Development Group for Microsoft Asia Pacific Region, sejak 2006.

Pemilik gelar Master Matematika Terapan itu, pertama kali bergabung dengan Microsoft sejak 1996. Sebelumnya, jebolan Université Denis Diderot Paris Perancis itu sempat duduk di manajemen perusahaan Abaque Software, Dell Computer, serta MicroWarehouse, di Perancis.

Kemudian, ayah dua orang putri dan seorang putra yang masih dalam kandungan itu, juga sempat memegang jabatan sebagai Country Manager Microsoft Tunisia serta Channel Distribution Management Microsoft Perancis.

Pria yang mengenyam pendidikan di Harvard Business School dan program AIEP INSEAD, itu kemudian dipercaya untuk bergabung dengan Microsoft Asia Pacific yang berbasis di Singapura, pada tahun 2002.

Menurut Faycal, Selama ini, Indonesia selalu menjadi perhatian bagi Microsoft global. "Indonesia disebut-sebut sebagai 'the next big thing' selain negara-negara Brazil, Rusia, India, dan China (BRIC)," kata Faycal.

Oleh karenanya, ada tiga hal utama yang akan ia targetkan, dalam memimpin Microsoft Indonesia. Yang pertama, adalah menjadi kontributor terbesar untuk mengentaskan jurang digital (digital divide) di masyarakat.

Tujuan berikutnya, kata Faycal, yakni memberikan kontribusi ekonomi bagi Indonesia, yakni dengan mendukung terbentuknya kesempatan yang lebih luas untuk lapangan kerja yang baru. Yang terakhir adalah meningkatkan lingkungan kerja yang lebih baik di Indonesia.

Indonesia di masa kepemimpinan Tony Chen memang telah mendapatkan beberapa pencapaian. Microsoft telah melakukan pelatihan-pelatihan komputer bagi puluhan ribu guru, sekitar 2 juta petani, serta terobosan solusi paket software ekonomis bagi mahasiswa dan perusahaan UKM.

Di bawah Tony pula, dua kelompok pengembang dari Indonesia menyabet penghargaan turnamen software tingkat dunia, Microsoft Imagine Cup. Faycal secara efektif akan mulai memimpin Microsoft Indonesia setelah Tony Chen mengakhiri karirnya secara resmi di Microsoft, pada 30 September mendatang.

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan eks PM Britania Raya Tony Blair.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pertemuan Tony Blair dengan Prabowo dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024