Bill Gates Menuju Triliuner Pertama di Dunia

Bill Gates.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA.co.id – Meski tak menyandang chief executive officer Microsoft, tapi Bill Gates nyatanya mendapatkan pundi-pundi kekayaan yang terus melimpah. Gates selangkah lagi menjadi orang pertama yang mendapat 'gelar' triliuner di dunia.

5 Orang Terkaya di Indonesia yang Memutuskan Mualaf, Mayoritas Berdarah Tionghoa

Triliuner ini mengarah pada jumlah harta kekayaan dari Gates yang kian hari kian menumpuk. Bila saat ini sudah cukup lumrah dengan istilah miliuner, maka Gates selangkah lagi beralih ke triliuner.

Dalam sebuah laporan terbaru dari Oxfam berjudul ‘An Economy for the 99%’ menyebutkan kekayaan Gates secara kolektif tumbuh dengan margin cukup besar dalam satu dekade terakhir.

Robert Kuok Orang Terkaya di Malaysia, Beli Mall di Singapura Seharga Rp6 Triliun

"Jika hasil ini terus berlanjut, itu sangat mungkin kami bisa melihat triliuner pertama di dunia dalam waktu 25 tahun," tulis laporan Oxfam dikutip dari Business Insider, Rabu 25 Januari 2017.

Menurut Oxfam, dilihat dari catatan 2009, setidaknya ada 793 miliuner yang tersebar di berbagai negara. Laporan itu menyebutkan, kekayaan bersih kaum kaya ini mencapai US$2,4 triliun. Pada 2016, dari 793 miliuner itu mempertahankan kekayaan bersih US$5 triliun, maka pertumbuhan tahunannya 11 persen.

Sederet Nama Konglomerat Tajir, Pemilik Hotel Mewah di Indonesia

Dengan kata lain, jika kecenderungan itu terus terjaga, Gates yang saat ini memimpin daftar orang terkaya di dunia versi Forbes dengan nilai kekayaan bersihnya mencapai US$84,4 miliar, bisa segera menjadi triliuner nanti.

Sisa Pensiun

Usai tak menduduki kursi CEO Microsoft sejak 2006, Gates disibukkan dengan kegiatan amalnya, seperti memberantas penyakit menular dan upaya meningkatkan pendidikan di seluruh dunia melalui yayasan Bill and Melinda Gates Foundation.

Bersama Warren Buffett, Gates dan sang istri menciptakan gerakan Giving Pledge bagi para miliuner untuk menyisihkan kekayaan mereka. Hasilnya, pengumpulan uang dari orang kaya dunia itu digulirkan untuk mengatasi permasalahan umum yang ada di sekitar penduduk dunia. 

Bahkan, Gates yang merupakan filantropis ini tak segan-segan untuk menyumbang US$28 miliar kekayaan ke Bill and Melinda Gates Foundation.

Prediksi laporan Oxfam itu, Gates yang saat ini berusia 61 tahun bisa menyandang predikat triliuner pada usia 86 tahun. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya