Arab Mau Bangun Pemukiman Manusia di Planet Mars

Ilustrasi permukaan Planet Mars
Sumber :
  • fanpop.com

VIVA.co.id – Uni Emirat Arab berambisi membangun pemukiman manusia di Planet Merah, Mars. Pemukiman tersebut ditargetkan mampu menampung sebanyak 2.117 manusia.

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

Pengumuman ini disampaikan oleh Wakil Presiden UAE, Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, saat acara “5th World Government Summit di Dubai.” Pertemuan tersebut dihadiri pula oleh CEO Tesla, Elon Musk, yang akhir tahun lalu telah lebih dulu menyampaikan misi akan memboyong manusia ke Mars.
 
"Pendaratan orang di planet lain telah menjadi mimpi lama bagi manusia. Tujuan kami adalah bahwa UEA akan menjadi ujung tombak upaya internasional untuk membuat impian ini menjadi kenyataan,” kata al-Maktoum, seperti dilansir IBTimes UK, 15 Februari 2017.
 
Proyek ini, kata pemimpin Negeri Teluk itu, akan bekerja sama dengan lembaga-lembaga penelitian ilmiah nasional dan internasional. UAE juga akan menfokuskan pada sarana untuk perjalanan cepat ke dan dari Planet Merah.
 
Al-Maktoum belum menyebut kapan waktu pembangunan pemukiman akan dimulai. Tapi, UAE telah merencanakan dengan memulai mengirim pesawat ruang angkasa ke Mars untuk misi eksplorasi ilmiah pada 2021.

Sejauh ini, negara-negara yang sudah menempatkan satelit di orbit sekitar Mars di antaranya, Amerika Serikat, Rusia, Uni Eropa dan India. (ren)

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi
Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024