Ilmuwan Berhasil Tumbuhkan Kentang di 'Mars'

Ilustrasi NASA.
Sumber :
  • REUTERS/ NASA/JPL-Caltech/Handout/Files

VIVA.co.id – Tampaknya cita-cita Badan Antariksa Amerika Serikatmenumbuhkan kentang di Planet Merah segera terwujud. Baru-baru ini, keberhasilan dilaporkan oleh International Potato Center dan ilmuwan dari University of Engineering and Technology (UTEC) dari Peru.

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

Keduanya merupakan rekanan NASA untuk melakukan eksperimen di Lima, Peru.

"Tanaman (kentang) tumbuh dengan kondisi di Mars, fase yang penting dari eksperimen ini," kata Julio Valdivia Silva, seorang astrobiologis UTEC, yang sebelumnya bekerja di NASA, seperti dilansir Al arabiya, Sabtu 18 Maret 2017.

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

Tanaman kentang sendiri, mereka tumbuhkan dalam sebuah CubeSat, sejenis satelit miniatur untuk penelitian ruang angkasa. Kondisi dan lingkungan disesuaikan dengan di Mars dan uniknya menggunakan tanah asli dari Peru.

Itulah salah satu alasan NASA melakukan eksperimen menumbuhkan kentang di Mars, karena tanah di gurun Peru Selatan diklaim hampir mirip dengan struktur tanah yang ditemukan di Mars.

Ilmuwan Buat Ide Gila untuk Ciptakan Oksigen di Mars

Selanjutnya, eksperimen akan dilanjutkan dengan perlakuan yang berbeda dan varietas kentang lain, upaya ada variasi nantinya.

Sementara itu, dipilihnya Peru sebagai lahan uji coba pengembangan kentang Mars dikarenakan, menurut International Potato Center, negara yang berada di Benua Amerika Selatan itu berhasil mengembangkan lebih dari 4.500 varietas kentang dan umbi-umbian unggul dan baik dikonsumsi.

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024