Kebutuhan Data Meningkat, XL Bangun 4,5G Xperience Zone

XL umumkan belanja modal untuk layanan data.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Pihak XL mengakui jika kebutuhan data meningkat seiring dengan demand akan kecepatan layanan. Inilah yang membuat XL semakin mantap dengan teknologi generasi 4,5 (4,5G), sampai-sampai membuat zona khusus untuk pengalaman pelanggan.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Dikatakan Sr. Advisor XL Center & Postpaid XL Axiata, Rashad Javier Sanchez, XL telah menemukan indikasi adanya antusiasme yang besar dari masyarakat untuk teknologi ini. Dilihat dari pertumbuhan pengguna smartphone dari tahun ke tahun.

"Tahun 2016 jumlah pengguna smartphone yang terdeteksi di jaringan XL mencapai 63 persen. Angka itu naik dari tahun sebelumnya yang hanya 42 persen. Selain itu penggunaan layanan video dan live streaming juga semakin diminati seiring dengan konten video yang banyak dikonsumsi," kata Rashad, di Jakarta, Rabu, 5 April 2017.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

Rashad juga menjelaskan ada tiga hal yang akan dilakukan XL Axiata untuk mengakomodasi kebutuhan terhadap kecepatan dan kapasitas layanan Data pita lebar yang akan terus meningkat dalam waktu dekat ini.

Pertama, membangun ekosistem 4,5G di Indonesia, antara lain dengan mengundang penyedia device, baik pabrikan ataupun principal, untuk bisa melakukan testing devices yang akan di luncurkan di Indonesia. Tentunya, tes ini perlu dilakukan di XL 4.5G Xperience Zone untuk memastikan dukungan layanan teknologi pendukung 4.5G di perangkat yang di uji. Saat ini sudah mulai dilakukan testing devices dari beberapa principal dan pabrikan seperti dari Erafone, Netgear, Huawei, dan Askey.

XL Axiata Lagi Semringah

Kedua, mengenalkan arah perkembangan teknologi 4G ke masyarakat, baik pelanggan XL maupan masyarakat pada umumnya. Pengenalan ini antara lain meliputi pengetahuan mengenai teknologi 4.5G, selain juga memberikan pengalaman langsung kecanggihan teknologi mendatang di XL 4.5G Xperience Zone.

Ketiga, dengan kesiapan pengetahuan masyarakat tentang 4.5G dan ekosistem pendukungnya, XL Axiata juga mendukung visi pemerintah untuk menggelar layanan 4.5G di Asian Games 2018.

XL 4.5G Xperience Zone pada tahap awal tersedia di 20 lokasi yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Antara lain ada wilayah Jabotabek sebanyak 8 lokasi, juga di Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Surabaya. Lalu di luar Jawa ada di Denpasar, Mataram, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Banjarmasin. Pengembangannya lebih lanjut akan mengikuti perluasan layanan 4G ke kota-kota besar lainnya.

Di tempat-tempat tersebut telah dilengkapi dengan 4.5G Ready BTS sehingga masyarakat bisa datang untuk mengetahui dan merasakan pengalaman berada di jaringan 4.5G. BTS 4.5G Ready ini dilengkapi dengan beberapa teknologi teknologi pendukung 4.5G yaitu 4x4 MIMO, Modulasi 256 QAM, dan Carrier Aggregation (CA).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya