Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 18 Mei 2017 | 10:46 WIB
  • Advan Ciptakan Aplikasi Ramadan Sendiri

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia,
    • Afra Augesti
Advan Ciptakan Aplikasi Ramadan Sendiri
Photo :
  • Viva.co.id/Mitra Angelia
Advan G1

VIVA.co.id – Aplikasi Ramadan memang bertaburan di Google PlayStore. Sayangnya, itu tidak membuat Advan lantas manja. Mereka lebih memilih membuat aplikasi Ramadan sendiri.

Pihak Advan mengaku memiliki fitur built-in aplikasi Ramadan itu dalam sistem operasi terbaru buatannya, yakni IDOS 6.1.2. Artinya, pengguna tak perlu lagi mengunduhnya dari PlayStore, tapi sudah cukup dengan mengandalkan smartphone Advan G1.

"Dalam mengembangkan IDOS dan Advan G1, kami benar-benar merancang khusus sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah fitur Panduan Muslim. Fitur ini pun terus kami kembangkan agar lebih kaya dan memberi manfaat kebaikan untuk umat Islam di Indonesia,” ujar Tjandra Lianto, Direktur Pemasaran Advan, dalam keterangan resminya, Kamis, 18 Mei 2017.

Setidaknya ada 6 fitur utama dalam Panduan Muslim besutan Advan ini,
 
1. Al-Qur’an
Aplikasi wajib bagi yang ingin membaca Al-Qur’an secara digital di mana dan kapan saja. Pengguna tinggal memilih menu Al-Qur’an dan memilih 114 surat yang tersedia, lengkap dengan terjemahannya yang bisa diunduh. Di sini, Anda juga bisa mendengarkan audionya dengan pilihan murottal yang lengkap dari pembaca Qur’an (qari) terkemuka. Tak hanya itu, Anda bisa menandai ayat-ayat favorit dengan mem-bookmark dan mengetahui posisi terakhir dibaca. Anda juga bisa copy ayat serta share ke media sosial.
 
2. Arah Kiblat
Anda sedang berada di suatu tempat asing dan ingin salat, namun tidak mengetahui arah kiblat. Kejadian seperti ini seringkali dialami oleh umat muslim yang sedang bepergian. Fitur Arah Kiblat ini menjadi solusi yang mempermudah untuk mengetahui arah kiblat dengan cepat. Agar hasil lebih akurat, pastikan handphone dalam posisi terlentang sejajar dan menjauhkan dari benda logam atau magnet yang dapat mengganggu pendeteksian arah.
 
3. Salat
Salat lima waktu adalah kewajiban setiap umat Islam yang tidak bisa ditinggalkan. Dengan fitur Jadwal Salat ini, berguna mengingatkan pengguna pada saat tiba waktunya salat. Aplikasi ini pun sudah disesuaikan dengan tempat pengguna berada berdasarkan informasi GPS. Di mana pun berada, akan mendapatkan jadwal salat yang sesuai.
 
4. Lokasi Terdekat
Fitur ini menampilkan point of interest (POI) untuk mencari lokasi terdekat sesuai kebutuhan umat Islam. Secara default, yang ditampilkan adalah masjid terdekat dengan lokasi pengguna. Selain itu, bisa memilih opsi restoran halal dan toko terdekat dengan memilih menu di kanan atas. Setelah lokasi tertentu sudah dipilih, maka secara otomatis akan membuka aplikasi Google Maps dan mengarahkan rute ke lokasi tersebut.
 
5. Kalender
Fitur ini menampilkan kalender Hijriah dengan menampilkan hari peringatan umat Islam. Tampilan utamanya memang menampilkan kalender umum (Masehi), namun kita bisa melihat menu untuk mengetahui bulan dan tanggal berapa saat ini sesuai kalender Hijriah.
 
6. Asmaul Husna
Menu ini menampilkan 99 Nama Allah atau yang lebih dikenal dengan Asmaul Husna. Selain bahasa Arab, juga disertai dengan bahasa latin dan terjemahan dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan Anda menghafalnya.