Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 18 Mei 2017 | 15:00 WIB
  • Canggihnya Kendaraan Penjelajah Mars Mirip Mobil Batman

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Canggihnya Kendaraan Penjelajah Mars Mirip Mobil Batman
Photo :
  • www.space.com
Desain kendaraan penjelajah Planet Mars milik NASA

VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat selama berbulan-bulan sejak 2016 diam-diam telah mengembangkan purwarupa kendaraan penjelajah Planet Mars. Kendaraan penjelajah NASA itu menarik perhatian publik saat terlihat di jalanan Florida, Amerika Serikat. Sebab, bentuknya besar dan mirip dengan mobil tokoh fiksi, Batman.

Dikutip dari Business Insider, Kamis 18 Mei 2017, kendaraan purwarupa penjelajah NASA itu dibangun di pusat Kennedy Space Center Visitor Complex dan menampakkan di muka publik pada awal Mei. 

Perancang dan pembangun kendaraan itu, Marc Parker mengatakan, kendaraan dengan enam roda dan semuanya berbasis listrik itu diciptakan untuk NASA, yang ingin mengatasi segala rintangan di area pasir dan berbatu di Planet Mars. 

Marc mengembangkan kendaraan penjelajah itu bersama dengan saudaranya, Shanon Parker. 

Parker bersaudara itu mengembangkan desain kendaraan penjelajah tersebut sejak November 2016 hingga April 2017. Dengan dibantu beberapa karyawannya dan penyuplai material, mereka bekerja keras untuk proyek tersebut. 

"Kami bekerja rata-rata 80 sampai 100 jam masing-masing pekan. Kami bekerja 10-14 jam tiap hari, selama tujuh hari sepekan sejak akhir tahun lalu," ujar Marc.

Untuk interior kendaraan penjelajah itu, akan bercahaya saat berada di ruang gelap, tingginya rodanya 50 inchi dan lebarnya 30 inchi. Desain ini untuk mengatasi terselip pada medan pasir Mars. Konfigurasi roda kendaraan penjelajah itu berguna untuk mengatasi hambatan dengan mudah di Planet Merah.

Marc menuturkan, NASA memberikan sedikit parameter kendaraan penjelajah tersebut. 

Menurut Marc, NASA punya dua aliran pemikiran soal konsep penjelajah Mars, yakni kendaraan penjelajah kecil yang memuat empat astronaut dalam penyelidikan, eksplorasi, dan mendapatkan sampel uji serta laboratorium. 

"Apa yang kami buat sebenarnya adalah kendaraan tujuan ganda. Ini terpisah di bagian tengah," ujar Marc. 

Kendaraan penjelajah Planet Mars milik NASA

Bagian belakangnya merupakan laboratorium penuh, sedangkan area depannya adalah kokpit untuk melihat dan memantau. 

Kendaraan itu juga dilengkapi dengan GPS, pendingin udara dan radio. Sementara itu, bodi seluruhnya terbuat dari aluminium dan serat karbon untuk menjaga beban kendaraan. 

Marc menuturkan, untuk dimensi kendaraan penjelajah itu, diperkirakan panjangnya 8,5 meter, lebar 3,9 meter, dan tinggi 3,3 meter. Sementara itu, bobotnya diperkirakan 2,2 ton. 

"Bobotnya itu setara dengan dua truk pengangkut," kata dia. 

Untuk daya pacu, Marc mengatakan, kendaraan penjelajah itu akan bisa melaju 60-70 mil per jam, untuk bergerak lambat bisa mencapai 10-15 mil per jam. Konsep jalan lambat ini untuk melalui area bukit pasir, batu, kawah, di lingkungan Mars. 

Mobil Batman dipamerkan di Kanada