Mengintip Kamera Mirrorless Besutan Panasonic

Kamera DSLM Lumix DC-GH5 Panasonic.
Sumber :
  • Dok. Panasonic

VIVA.co.id – Kamera mirrorless semakin populer di Indonesia. Hal ini karena dalam beberapa tahun terakhir, penjualan mirrorless tumbuh dua digit dari pesaingnya seperti kamera compact dan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex).

Hadapi Tantangan Melalui Inovasi

Menurut Product Manager Digital Imaging PT Panasonic Gobel Indonesia, Agung Ariefiandi, mirrorless melesat, lantaran Compact turun drastis dan kamera DSLR pangsa pasarnya cenderung stagnan.

Oleh karena itu, mencermati pesatnya perkembangan teknologi dibidang fotografi serta minat pada kamera DSLM (Digital Single Lens Mirrorless) yang tinggi, Panasonic menghadirkan Lumix DC-GH5.

TV NX600 Series Dilengkapi Teknologi 4K LED Google TV hingga Hexa Chroma Drive

"Ini kamera mirrorless pertama di dunia dengan kemampuan perekaman video 4K 60p/50p dan 4K 30p 4:2:2 10 Bit serta memiliki kekuatan reproduksi pencahayaan dan ketajaman warna yang sesuai dengan kebutuhan para fotografer dan videographer profesional," kata Agung, melalui keterangannya, Rabu, 24 Maei 2017.

Sedikit informasi, kamera mirrorless adalah jenis kamera yang mengusung ukuran sensor yang lebih besar dibandingkan dengan kamera saku sehingga kualitas gambarnya lebih baik.

Toyota Ambil Alih Usaha Baterai Mobil Listrik

Kamera ini juga memiliki lensa yang bisa diganti-ganti (interchangeable). Disebut mirrorless karena kamera tipe tersebut tidak memiliki cermin yang dipakai untuk memantulkan bayangan yang ditangkap lensa menuju jendela bidik.

Seperti halnya seri kamera Lumix sebelumnya, Lumix DC-GH5 juga dilengkapi dengan fitur post focus dan focus stacking sehingga penggunanya dapat menentukan fokus gambar setelah pemotretan.

Tak hanya itu, Lumix DC-GH5 juga dibekali dengan variable frame rate hingga 180fps FHD serta unlimited video recording yang memberikan fleksibilitas dalam pengambilan video footage di berbagai kondisi.

Ia menambahkan, Lumix DC-GH5 juga merupakan kamera mirrorless pertama yang memiliki fitur 6K photo yang memungkinkan perekaman video 30 frame per second yang kemudian tiap frame-nya dapat disimpan sebagai file foto dengan resolusi 18MP.

"Fitur ini adalah pengembangan dari fitur sebelumnya, yakni 4K Photo. Momen spontan yang terjadi tiba-tiba dapat diabadikan dalam resolusi besar dengan fitur ini," tuturnya.

Agung menyatakan, bahwa Lumix DC-GH5 telah hadir di Indonesia pada akhir Mei tahun ini dengan kisaran harga Rp26,9 juta (body only). "Kalau sama lensa, kita menyarankan lensa 12-60mm leica. Itu harganya terpisah, sekitar Rp14 juta." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya