VIDEO: Mengenal Tempat Paling Sunyi di Dunia

Ruangan tersepi dunia buatan Microsoft
Sumber :
  • www.bbc.com/Microsoft

VIVA.co.id – Mengunjungi lokasi yang indah sudah biasa dilakukan orang di berbagai seluruh dunia. Bagaimana jadinya jika Anda menyusuri dan menyelami tempat paling sunyi di dunia? 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Tempat yang dimaksud adalah ruangan yang dibangun di Building 87, markas pusat Microsoft di Redmond, Washington, Amerika Serikat. Ruangan yang dirancang dan dibangun Microsoft itu telah disandang sebagai tempat tersunyi di dunia versi Guinness Book of Records pada 2015. 

Rekor ruangan paling sunyi itu mengalahkan Orfield Laboratories di Minneapolis, yang sebelumnya menyandang tempat tersunyi di dunia. Orfield Laboratories hanya punya tingkat kebisingan -9,4 desibel, sedangkan ruangan Microsoft punya tingkat kebisingan -20,6 desibel. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Laman BBC, dikutip Senin 29 Mei 2017, menuliskan sebagai perbandingan, suara bisikan manusia punya tingkat kebisingan 30 desibel, suara orang bernafas sekitar 10 desibel, sementara suara molekul udara yang bertabrakan satu sama lain diperkirakan -24 desibel.

Saat berada di dalam tempat paling tenang di dunia itu, seseorang bahkan bisa mendengarkan fungsi tubuh. Misalnya suara goresan tulang saat sendi bergerak, sampai bisa mendengarkan bunyi atau dengungan pada telinga. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Ruangan tanpa gema Microsoft itu didesain dan dibangun dalam waktu yang lama, dua tahun. Bukan tanpa alasan, sebab Microsoft sangat memerhatikan dalam pembangunan ruangan tanpa gema tersebut. Bahkan untuk menentukan lokasi ruangan tanpa gema itu, Microsoft butuh waktu riset hampir setahun. 

Ruangan tersunyi milik Microsoft berbentuk kubus berukuran 6,36 meter pada tiap sisinya. Masing-masing permukaan ruangan dilapisi dengan kumparan busa penyerap suara setinggi 1,2 meter. Fungsinya membantu mencegah gema memantul dari dinding. Kemudian lantainya terbuat dari kabel baja, material yang dipakai untuk menghentikan jet tempur mendarat di kapal induk. Kabel baja itu dirajut bersama dengan jaring trampolin di atas irisan di dasar bilik.

Untuk membantu sepinya ruangan, segel di sekeliling pintu kamar dan ruangan dibuat agar suara tak bocor. Secara desain, ruangan tersepi ini berada di jantung sebuah bentuk bangunan enam lapis berdesain bawang bombay. Dengan demikian terlindungi dari kebisingan suara dari luar.

Dengan desain tersebut, Microsoft mengatakan orang di dalam ruangan tersepi dunia itu bahkan nyaris tak mendengar suara jet lepas landas. 

Insinyur pemimpin pembangunan ruangan tersunyi Microsoft tersebut, Hundraj Gopal mengatakan, bahan yang dipakai membuat ruangan itu berasal dari bahan yang tersedia secara komersil di pasaran, sehingga kata dia, siapa pun bisa membelinya dan membuat ruangan tersebut. 

"Rahasianya ada pada waktu dan tenaga ekstra dengan mengisolasi sistem sprinkler, memasang segel pintu dan suplai udara khusus sampai bagaimana kabel masuk ke dalam," ujar Gopal. 

Hal detail itu untuk memastikan fitur kecil apa pun yang mungkin membawa masuk suara yang tak diinginkan. 

Gopal mengungkapkan tujuan pembangun ruangan tanpa gema itu sebenarnya bukan ingin menyandang ruangan tersepi di dunia dan memecahkan rekor sebelumnya. Dia menuturkan, ruangan tanpa gema itu dibangun untuk setidaknya menciptakan ruangan sampai nol desibel, nilai kebisingan terendah yang bisa didengar manusia. 

Niatan Microsoft membangun ruangan tanpa gema itu juga sebagai laboratorium uji perangkat besutan Microsoft. Perusahaan ini ingin tiap produk yang dirilis sempurna bagi pengguna, termasuk tak ada suara dari produk yang mengganggu kenyamanan pengguna. 

Di ruangan ini, kata insinyur hardware Microsoft, LeSalle Munroe, tim Microsoft mencari getaran kecil dari peralatan elektronik buatan mereka. 

"Kami mencoba mencari tahu dari masa asal suaranya dan strategi apa yang bisa kami pakai untuk menguranginya," jelas LeSalle Munroe. 

Salah satu yang diuji dalam ruangan ini adalah suara keyboard dari produk Microsoft. Tim Microsoft memastikan suara yang muncul dari keyboard produk mereka nyaman dan tak mengganggu konsumen. 

"Kami bereksperimen pada berbagai jenis bahan penting sampai mekanisme pegas yang berbeda, ini untuk mendapatkan nuansa dan suara yang tepat dari keyboard," jelas dia. 

Selain keyboard, suara dari produk yang diuji yakni papan sirkuit, mikrofon, asisten kecerdasan buatan Cortana, sampai suara tiga dimensi yang dipakai dalam HoloLens. 

Tim Microsoft mengatakan, ruangan tersepi di dunia mereka dapat dipakai untuk perangkat elektronik lainnya, misalnya pengeras suara. 

Ruangan tersepi dunia buatan Microsoft

Sensasi dalam ruangan

Ruangan tersepi dunia buatan Microsoft itu telah dikunjungi beberapa orang. Ragam respons dan sensasi dirasakan. Ada yang betah sejam di dalam ruangan, ada pula yang ngeri dalam waktu sekejap di dalam ruangan. Sejumlah kecil orang mengalami pusing saat masuk ke ruangan.

"Beberapa orang ingin keluar dalam beberapa detik. Mereka bilang tidak mau masuk ke sana. Katanya meresahkan, sebab Anda bisa mendengar orang bernafas di sisi ruangan lain dan mendengar suara perut orang," jelas Gopal. 

Sementara bagi orang yang betah di ruangan ini mengaku berada di dalam ruangan tersebut layaknya seperti berada terapi meditasi. 

"Mereka merasa santai. Tapi paling lama yang saya tahu yakni seorang tinggal di dalamnya selama sejam, itu untuk sebuah acara amal," kata dia. 

Gopal mengatakan, wajar reaksi orang bermacam-macam sesuai dengan pengalaman mereka masing-masing. Gopal berkeyakinan, orang tidak akan betah berlama-lama berada di tempat tersepi di dunia tersebut. Sebab, dengan kesepian sangat ekstrem itu, orang bisa gila mendengar suara-suara yang selama ini tak akrab didengar mereka. Misalnya suara gesekan tulang dan tegukan yang muncul dengan keras di dalam ruangan tersepi tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya