iPad Ryonghung, Tablet Canggih Korea Utara Pesaing Apple

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA.co.id – Meski di bawah ancaman sanksi berlapis dari masyarakat internasional, Korea Utara seperti tidak mau ketinggalan menggarap perangkat teknologi tiruan (KW). Perusahaan teknologi yang berbasis di Ibu Kota Pyongyang itu meluncurkan tablet terbaru bernama "iPad Ryonghung".

Pendapatan Apple Cetak Rekor

Korea Utara menargetkan Apple sebagai pesaing dan berusaha untuk menyingkirkannya dari pasar tablet dunia.

Namun, dengan menambah embel-embel iPad, Korea Utara justru telah melanggar hak cipta. Sebab, Apple mengenalkan kategori tablet sejak 2010.

Pelan-Pelan Apple Salip Samsung

Sebelumnya, OS Apple untuk Mac, yakni OS X, telah dijiplak negeri Kim Jong-un itu dengan nama Red Star 3.0. Kendati namanya sama, Ryonghung memiliki tampilan yang sama sekali tidak mirip dengan iPad milik Apple.

Tampangnya lebih mirip netbook jadul dengan layar kecil dan papan ketik. Spesifikasi dan desain Ryonghung ini ditopang dengan prosesor quad core 1,2GHz, RAM 1GB, memori internal 8GB, koneksi kabel HDMI.

Ada Kabar Terbaru dari Apple

Yang membedakan hanya di keyboard dan kartu SD yang terpisah.

Tablet Korea Utara

Tablet Ryonghung.

"iPad Ryonghung bisa melakukan fungsi multitasking, seperti membaca berita digital, mengerjakan pekerjaan kantor, dokumentasi. Ia bahkan punya lebih dari 40 aplikasi," bunyi keterangan perusahaan, seperti dikutip situs Phonearena, Jumat, 2 Juni 2017.

Tak pelak, Ryonghung diklaim sebagai perangkat teknologi terpopuler di Korea Utara saat ini.

Meskipun teknologinya masih tertinggal dari negara-negara lain. Hingga kini, Apple belum memberikan komentar terkait penjiplakan produknya tersebut. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya