Google Street View Ukur Polusi Udara, Begini Hasilnya

Mobil Google Street View
Sumber :
  • Vivanews/AmalNN

VIVA.co.id – Mobil Google Street View selama ini lekat dengan layanan pemetaan. Namun, kini mobil pemetaan Google itu dimanfaatkan untuk mengukur polusi udara. 

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Untuk memetakan polusi udara di kota tersebut, gabungan peneliti Environmental Defense Fund (EDF), Universitas Texas di Austin, Amerika Serikat, Google Earth Outreach serta startup Aclima memasang peralatan pemantau kualitas udara pada dua Google Street View.

Tujuannya untuk menemukan hotspot di Oakland, California, Amerika Serikat, yang dikenal punya emisi harian yang tinggi akibat aktivitas truk dan mesin kapal, belum lagi aktivitas industri lainnya. 

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Peneliti memilih mobil Google Street View karena mobil ini sudah mondar-mandir di jalanan Oakland selama lebih dari setahun ini dan menghasilkan pemetaan 150 ribu mil serta mampu menghasilkan 3 juta pengukuran unik. 

Dikutip dari Mashable, Jumat 9 Juni 2017, hasil pengukuran polusi udara menggunakan mobil pemetaan Google itu, peneliti mengatakan, lahirnya peta interaktif yang memberikan pola polusi udara yang lebih detail dari peta polusi udara yang pernah ada. Data peta itu juga menunjukkan bagaimana fluktuasi polusi udara harian, mingguan, dan tahunan.

Begini Cara Pasien Kanker Paru-paru Harus Berhati-hati saat Hadapi Polusi Udara

"Metode baru ini memungkinkan kita untuk memvisualisasikan data polusi udara makin familiar dan pengambil kebijakan bisa mengidentifikasi sumber polusi udara, dan mengambil langkah meningkatkan kesehatan dan keamanan," ujar Kepala Ilmuwan EDF, Steven Hamburg. 

Peneliti menuturkan, polusi udara tak bisa dianggap enteng, sebab bisa menyebabkan atau memperburuk sejumlah masalah kesehatan di antaranya penyakit asma, pernapasan, stroke sampai penyakit jantung. Hal yang mengerikan, ancaman itu sebagian besar tak terlihat secara kasat mata. 

Peta interaktif polusi udara hasil Google Street View ini menampilkan beragam warna, mulai dari merah, oranye, dan kuning muda. Warna itu mewakili sumber polusi udara misalnya titik persimpangan yang padat, pabrik, jalur kemacetan dan lainnya. 

Pemetaan polusi udara dengan memanfaatkan Google Street View

Penulis studi tersebut, Joshua Apte mengatakan polusi dalam kota sangat bervariasi, namun dengan teknik pengukuran baru itu akan memungkinkan pemangku kepentingan bisa mengukur variasi polusi dengan jelas. 

Apte berharap, pendekatan pengukuran polusi berbasis laboratorium mobile akan mudah ditiru di kota-kota lain, sehingga pengelola kota dan warga bisa merasakan betul manfaatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya