Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 07:02 WIB
  • Strategi Bisnis Tiket.com Usai Dicaplok Blibli

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Strategi Bisnis Tiket.com Usai Dicaplok Blibli
Photo :
  • VIVA.co.id/Avra Augesty
Blibli akuisisi Tiket.com.

VIVA.co.id – Setelah resmi diakuisisi 100 persen oleh Blibli.com, pioneer sekaligus salah satu Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia, Tiket.com, membeberkan target bisnis dan rencana kerja perusahaan.

Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com, Gaery Undarsa mengatakan, Blibli.com akan memberikan dukungan penuh dalam bentuk share inventory, program penjualan, promosi, penetrasi ke sosial media, dan memperkuat tim atau sumber daya manusia.

Gaery menyebutkan proses akuisisi sebenarnya telah dilakukan sejak 5 bulan lalu. Namun, hasil akhir baru bisa dicapai tepatnya pada 12 Juni lalu.

"Kami melihat ini akan membuka peluang sangat besar bagi Tiket.com untuk bertumbuh secara eksponensial, baik dari rencana sinergi yang ada dan dari segi penetrasi pasar," kata dia di Jakarta, Kamis, 15 Juni 2017.

Melihat potensinya ke depan, lanjut Gaery, kedua startup ini banyak memiliki kesamaan dalam budaya dan visi bisnis. Ia pun bersemangat untuk bergabung dalam keluarga bersama Blibli.com.

Sementara itu, CEO Blibli.com Kusumo Martanto mengungkapkan target yang ingin dicapai pada semester dua tahun ini.

Ia menyebut pendanaan akuisisi ini diambil dari sumber dana internal untuk pengembangan bisnis Blibli.com. Meski ia tidak merinci berapa nominal pastinya.

"Blibli.com optimistis, dari sisi bisnis akan terjadi pertumbuhan, secara organik dan non-organik sebanyak 2,5 kali pada semester dua tahun ini," jelasnya.

“Akuisisi ini bisa membawa Blibli.com, sebagai salah satu pemain OTA terbesar, menjadi The only E-commerce B2C di Indonesia yang pertama kali memiliki kanal bisnis OTA, di mana didalamnya memiliki variasi produk travel terlengkap," ucap Kusumo.

Ke depannya, Kusumo menambahkan tidak menutup kemungkinan Blibli.com akan berekspansi ke produk lain. Namun, untuk waktu dekat, perusahaannya akan berkonsentrasi untuk mengembangkan kedua e-commerce ini.

Dengan demikian dapat memenuhi seluruh kebutuhan travel dan online shopping bagi konsumen domestik atau pun internasional.

Penandatanganan "Aksi Korporasi Blibli.com x Tiket.com" sendiri dilakukan oleh kedua belah pihak, yakni Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com dan Gaery Undarsa selaku Co Founder, sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com pada Senin, 12 Juni 2017 di Jakarta.