Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 08:09 WIB
  • Masyarakat Kini Bisa Unduh Gratis Aplikasi 'Ayo Mudik'

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Masyarakat Kini Bisa Unduh Gratis Aplikasi 'Ayo Mudik'
Photo :
  • Dok. Kudo
Tiga menteri bersama CEO Kudo Albert (kedua kiri).

VIVA.co.id – Mendekati libur Lebaran yang tinggal sepekan lagi, pemerintah gencar menggalakan berbagai kebutuhan masyarakat.

Mulai dari ketersediaan infrastruktur fisik jalan raya dan jalan tol, penyeberangan, kesiapan bandara dan terminal, kesiapan jaringan telekomunikasi dan sebagainya.

Tak terkecuali daya dukung seperti kebutuhan bahan bakar, peredaran uang, serta layanan lainnya. Untuk mendukung kenyamanan dan kelancaran dalam prosesi mudik, pemerintah meluncurkan aplikasi 'Ayo Mudik'.

Aplikasi baru ini mengkolaborasikan informasi-informasi daya dukung mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik, dan informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik.

Ayo Mudik merupakan hasil kolaborasi pemerintah dengan perusahaan startup lokal, Kudo. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, pengembangan aplikasi ini dilakukan secara cepat agar dapat digunakan sesegera mungkin oleh seluruh masyarakat.

"Ini merupakan sebuah aplikasi terpadu yang menyajikan informasi tempat atau lokasi yang dibutuhkan oleh pemudik selama melakukan perjalanannya. Aplikasi ini berbasis peta yang menyajikan informasi mengenai lokasi posko mudik insidentil dari berbagai mitra yang ada," kata Rudiantara di Jakarta, Kamis, 15 Juni 2017.

Untuk itu, pihaknya sangat membutuhkan daya dukung programmer-programmer andal yang siap mengembangkan, memelihara dan melakukan antisipasi kinerja layanan aplikasi ini.

Ia menyebut, pengembangan aplikasi dilakukan oleh tim pengembang Indonesia yang bertalenta dalam waktu kurang dari satu bulan. 

Sedangkan konten dan informasinya didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Selanjutnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Pertamina, Jasa Marga, Kepolisian RI, Telkom, serta perusahaan penyedia jasa dan produk internet.

"Para pemudik diharapkan mudah mendapatkan informasi tentang lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, info bencana, atau info lalu lintas terkini," papar pria yang akrab disapa Chief RA itu.

Sejak resmi diluncurkan 15 Juni kemarin, Ayo Mudik sudah tersedia di Google PlayStore dan siap diunduh secara gratis.