Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 15:38 WIB
  • Sepak Terjang Tiket.com Sebelum Dicaplok Blibli

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Afra Augesti
Sepak Terjang Tiket.com Sebelum Dicaplok Blibli
Photo :
  • VIVA.co.id/Avra Augesty
Blibli resmi miliki saham Tiket.com.

VIVA.co.id – E-commerce lokal asal Indonesia, Blibli, melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi salah satu Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia, Tiket.com. 

Bagi perusahaan bernama PT Global Tiket Network itu, dengan diakuisisi Blibli maka bakal membuka peluang besar bagi perusahaan untuk tumbuh secara eksponensial, dari sisi rencana sinergi maupun penetrasi pasar. 

Dalam pasar pemesanan tiket online di Tanah Air, nama Tiket.com bukanlah nama baru. Platform ini telah hadir sejak 13 Agustus 2011. 

Pada awal pendirian, menurut laman Crunchbase, Jumat, 16 Juni 2017, Tiket.com mendapatkan pendanaan jenis Angle Investor mencapai US$1 juta, namun penyuntik dana tidak disebutkan namanya. Suntikan dana itu dilakukan pada 12 Agutus 2011, sehari sebelum resmi berdiri. 

Perusahaan ini fokus pada pemesanan online penerbangan domestik dan hotel di Indonesia dan melayani pemesanan internasional. Layanan dihadirkan bertujuan untuk membantu pengguna menemukan harga pemesanan online hotel, kereta api dan penerbangan termurah di Indonesia. 

Tiket.com merupakan perusahaan pertama yang meluncurkan pemesanan online kereta api di Indonesia. Layanan itu dihadirkan pada 2013 itu, untuk menekan masuknya calo dalam pemesanan tiket kereta api dan memodernisasi mesin pemesanan online kereta api.

Layanan Tiket.com kemudian makin berkembang. Pada akhir 2014, penjualan tahunan Tiket.com menembus Rp1 triliun.   

Selama berkiprah, Tiket.com telah memiliki 7 kategori layanan di antaranya tiket konser dan hiburan, pemesanan tiket pesawat, agen travel online untuk hotel, tiket kereta api, tiket acara, pemesanan hotel, sampai pemesanan sewa mobil. 

Tiket.com telah bekerja sama dengan lebih dari 35 maskapai penerbangan internasional dan domestik, serta bekerja sama dengan dengan ribuan hotel domestik dan internasional.

Soal akuisisi Blibli, Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com, Gaery Undarsa mengatakan, prosesnya berjalan lima lalu bulan sebelum peresmian akuisisi. Pada 12 Juni 2017, Tiket.com secara resmi telah diakuisisi 100 persen oleh Blibli.com 

Seperti diberitakan, memasuki semester II 2017, Blibli.com sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi pionir sekaligus salah satu Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia, Tiket.com.

Peresmian akusisi ini dilakukan oleh kedua belah pihak, yakni Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto dan Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com, Gaery Undarsa. Sebagai bagian dari akuisisi itu, Tiket.com mengangkat George Hendrata sebagai CEO Tiket.com yang baru. (ase)