Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 18 Juni 2017 | 12:17 WIB
  • Mengenang Satelit Palapa B1 Meluncur ke Antariksa

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Mengenang Satelit Palapa B1 Meluncur ke Antariksa
Photo :
  • tender-indonesia.com
Satelit Palapa

VIVA.co.id – 34 tahun lalu, salah satu satelit Indonesia, Palapa B1 diluncurkan melalui pesawat ulang alik Challenger F2 ke antariksa. Satelit Palapa B1 merupakan satelit ketiga dari program pengiriman Satelit Palapa Indonesia.

Satelit Palapa B1 yang dikelola oleh Perumtel itu menempati slot orbit 108 dejarat Bujur Timur. Sebelum Palapa B1, Indonesia telah meluncurkan satelit Palapa A1 dan Palapa A2.

Palapa ialah nama bagi sejumlah satelit telekomunikasi geostasioner Indonesia. Nama ini diambil dari ‘Sumpah Palapa’, yang pernah dicetuskan oleh Patih Gajah Mada dari Majapahit pada 1334.

Satelit Palapa B1 berbobot 1.200 kilogram itu merupakan satelit dengan tipe HS-376 yang dibuat oleh perusahaan roket Amerika Serikat, Hugnes.  

Dikutip dari Mission and Spacecraft Library NASA, Minggu 18 Juni 2017, satelit Palapa B merupakan penerus dari satelit Palapa kategori A. Satelit Palapa B mempunyai ukuran dua kali dari Palapa seri A dan empat kali lebih kuat dibanding seri pendahulunya tersebut. 

Palapa seri A dirancang untuk kebutuhan komunikasi regional atau domestik di wilayah Indonesia. Sementara itu, Palapa B diperluas peruntukannya, termasuk untuk komunikasi di Filipina, Thailand, Malaysia, dan Singapura. 

Palapa B2 ditempatkan pada orbit yang tak digunakan, lantaran bagian upper stage PAM-D satelit ini mengalami malfungsi. Namun demikian, Palapa B1 mampu beroperasi sampai tiga tahun setelah ditempatkan di orbit. 

Karena mengalami kesalahan, pemerintah Indonesia saat itu mengklaim asuransi satelit itu dengan nilai US$75 juta dan meminta kepada pembuat satelit itu untuk meluncurkan penggantinya, Palapa B2P. Satelit pengganti itu akhirnya bisa mengorbit pada Februari 1987 dengan wahana peluncur Delta 6925.      

Menariknya, peluncuran satelit Palapa B1 berbarengan dengan pengiriman wanita AS pertama di antariksa. 

Laman Today In Science menuliskan, astronaut wanita Sally K Ride meluncur ke antariksa dengan menumpang pesawat ulang alik Challenger. Sally menjadi wanita pertama yang ikut terbang ke antariksa dalam misi tersebut. (art)