Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 19 Juni 2017 | 11:31 WIB
  • Fidget Spinner Dimainkan di Antariksa, Begini yang Terjadi

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Fidget Spinner Dimainkan di Antariksa, Begini yang Terjadi
Photo :
  • www.mashable.com/Bob Al Greene
Ilustrasi fidget spinner dimainkan di luar angkasa

VIVA.co.id – Dunia saat ini sedang demam permainan fidget spinner. Tua muda sampai anak-anak memainkan benda yang dimainkan di tangan tersebut. Salah satu hal menarik memainkan fidget spinner adalah lamanya benda tersebut berputar, bisa mencapai beberapa menit. Beragam gaya dan variasi memainkan fidget spinner juga kini sudah dicoba.

Nah, apa yang terjadi saat fidget spinner dimainkan di luar angkasa yang punya lingkungan sangat berbeda dengan Bumi. Sebagaimana jamak diketahui, lingkungan luar angkasa merupakan area vakum, beda dengan Bumi dengan gravitasinya.

Dikutip dari Mashable, Senin 19 Juni 2017, menurut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), fidget spinner yang dimainkan di Stasiun Antariksa Internasional atau ISS, tetap akan berputar sangat mirip dengan yang terjadi di Bumi. Fidget spinner akan bisa berputar dan berhenti berputar karena kondisi lingkungan ISS. 

"Sebuah fidget spinner di ISS masih akan mengalami gesekan dan hambatan udara yang akan menyebabkannya berhenti berputar," jelas juru bicara NASA, Dan Huot dalam penjelasannya melalui email. 

Teorinya begini, fidget spinner berputar lantaran bagian tengahnya, roda bola bearing, yang memungkinkan bagian luar fidget spinner berputar mengelilingi poros tengahnya. 

Selama poros bearing berfungsi, maka fidget spinner tetap akan bekerja walau gesekan rendah, dan tekanan udara tetap akan melambatkan putaran fidget spinner sebelum menghentikannya. hal itu terjadi termasuk di lingkungan Stasiun Antariksa Internasional. 

Meski fidget spinner di ISS berputar sesuai di Bumi, tapi menariknya, NASA menuturkan, fidget spinner akan berputar sedikit lebih lama akibat kurangnya tekanan udara. 

Hal menarik lainnya, jika astronaut bisa memutar tiap bagian benda itu, maksudnya bukan hanya memutar porosnya, maka fidget spinner bisa berputar tanpa henti. 

"Jika fidget spinner dalam ruang vakum dan tak bergesekan dengan apa pun, maka itu akan berputar dalam waktu yang sangat lama, walaupun saat ini dalam jangka waktu lama tetap akan melambat nantinya," jelas fisikawan teoritis Robert McNees.

NASA memberi sinyal fidget spinner bisa dikirimkan ke ISS dalam waktu yang tak lama lagi. 

"Kami mungkin memilih stasiun pada akhir tahun ini untuk beberapa demo edukatif, jadi tunggu saja," kata Huot. (adi)