Sambut Mudik, XL Tambah BTS di Ruas Tol Baru

Menara BTS milik XL Axiata.
Sumber :
  • Dok.XL

VIVA.co.id – Menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang membuka sejumlah ruas jalan tol baru, termasuk jalan tol yang masih bersifat fungsional, PT XL Axiata Tbk atau XL Axiata telah mempersiapkan infrastruktur baru. Infrastruktur ini ditujukan untuk melayani pemudik yang melintas di jalan-jalan baru tersebut.

Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas

Vice President Service Operation Management XL, I Gede Darmayusa, mengatakan pemasangan mobile BTS (MBTS) sudah mendukung jaringan 4G. Selain itu, tim teknis XL Axiata juga telah melakukan uji coba di semua ruas tol baru, antara lain yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta di Kuala Namu, Medan.
 
"Sebagian dari ruas tol baru tersebut sebenarnya masih dalam pembangunan, maka infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan di sepanjang jalan itu. Kami memprediksi akan banyak pemudik yang memanfaatkan jalan-jalan baru tersebut. Artinya akan ada kebutuhan atas ketersediaan layanan telekomunikasi dan data," ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin 19 Juni 2017.

Gede menyebutkan, ada lebih dari 30 unit MBTS yang dikerahkan oleh timnya secara khusus untuk mengantisipasi kebutuhan selama Lebaran ini. Dari uji jaringan tersebut, nantinya bisa didapatkan titik-titik akurat mana yang masih memerlukan peningkatan kualitas jaringan, antara lain di area exit tol dan rest area yang biasanya terjadi kemacetan.

Kecelakaan Mudik Turun Buat Keuangan Jasa Raharja Aman

"Misalnya ada di exit tol Brebes, Pejagan, Weleri, Salatiga, Bawen, dan Sragen. Selain itu, XL Axiata juga menindaklanjuti laporan dari pelanggan dan masyarakat, termasuk juga hasil pantauan media mengenai lokasi-lokasi yang dipandang memerlukan penguatan sinyal," ujar Gede. 

Lonjakan trafik
 

Menurut Gede, tantangan yang akan dihadapi oleh operator telekomunikasi selama Lebaran yakni kemungkinan terjadi lonjakan trafik dan perpindahan pelanggan secara masif dari kota-kota besar, seperti Jakarta ke kota-kota lain. Lonjakan trafik tersebut, kata Gede, akan menyebar di berbagai daerah, sesuai dengan arah perpindahan pelanggan selama liburan Lebaran.

Pemerintah Beberkan Kunci Sukses Mudik 2017

Menghadapi tantangan itu, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2 hingga 3 kali lipat di beberapa lokasi mudik, dibanding hari-hari biasa. Selain itu, XL secara khusus juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool. Layanan ini diterapkan di jaringan inti untuk memudahkan pengalihan kapasitas, dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas. Sejumlah tim juga diterjunkan langsung ke sepanjang jalur Pantai Utara Jawa dan jalur Selatan, yang mana menjadi titik rawan kemacetan.

"Kami juga melakukan penguatan jaringan di lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik-titik kepadatan masyarakat, baik dalam rangka mudik atau berlibur. Lokasi-lokasi tersebut antara lain destinasi wisata populer, pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi seperti bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, juga pelabuhan laut," ucap Gede. (one)

15 Kementerian/Lembaga mendapat penghargaan penyelenggaraan lebaran 2017

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Prestasi dilihat dari kerjasama antar lembaga.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2017