Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 11:44 WIB
  • Cacing Berbentuk Alat Vital Ini Hebohkan Netizen

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Cacing Berbentuk Alat Vital Ini Hebohkan Netizen
Photo :
  • www.ucmp.berkeley.edu
Spesies cacing kacang atau sipuncula

VIVA.co.id – Peneliti Museum Victoria dan badan riset Australia, Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation atau CSIRO, selama berbulan-bulan menjalankan misi di pantai timur Australia. Dalam misi itu peneliti menemukan beberapa kejutan. 

Tim peneliti misi tersebut menemukan ada mahluk aneh di dalam lautan di area tersebut. Selain menemukan ikan tanpa wajah, tim juga menemukan 'cacing kacang' yang bentuknya mirip penis atau alat vital pria. Peneliti dan ilmuwan sejauh ini tak ada yang bisa menjelaskan bentuk cacing yang unik tersebut. 

Dikutip dari Mashable, Selasa 20 Juni 2017, temuan 'cacing kacang' itu termasuk bukan penemuan spesies baru. Mahluk itu dikenal dengan nama sipuncula, karena bentuknya mirip dengan kacang yang telah dikupas. Sipuncula selama ini tak banyak dipelajari oleh ilmuwan.

Menurut Museum Paleontologi Universitas California, Amerika Serikat, sipuncula terdiri dari 320 spesies yang sebagian besar ditemukan di perairan dangkal. Sebagian lainnya hidup menggali ke dalam pasir atau lumpur, dan pada ceruk antara bebatuan. 

Sipuncula bisa bereproduksi secara seksual dan aseksual. Meski bentuknya kecil, tapi sipuncula terancam, spesies ini mengerutkan kepalanya yang panjang ke dalam tubuh. 

Rilis 'cacing kacang' ini menarik perhatian pengguna internet karena bentuknya yang mirip dengan alat vital pria. Ribuan pengguna Twitter mengomentari bentuk cacing yang unik tersebut.