Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 23:03 WIB
  • Mudik Lewat Semarang, Bisa Cek Kemacetan Pakai Aplikasi Ini

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Mudik Lewat Semarang, Bisa Cek Kemacetan Pakai Aplikasi Ini
Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di meninjau kesiapan fasilitas untuk arus mudik di Pelabuhan Tanjung Emas pada Selasa, 20 Juni 2017.

VIVA.co.id – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meninjau langsung kesiapan arus mudik di wilayahnya memasuki H-5 Lebaran pada Selasa 20 Juni 2017. Salah satu fokus tinjauan adalah pusat pemantauan Area Traffic Control System, atau ATCS di Dinas Perhubungan.

Menurut Wali Kota, ATCS milik pemerintah ini sangat membantu pemudik yang masuk di Kota Semarang. Ia, bahkan mengimbau aplikasi berbasis smartphone itu bisa diunduh pemudik, agar terhindar dari kemacetan di kota. 

"Lewat aplikasi ATCS ini semua warga bisa mengakses dengan mengunduh di play store. Mereka bisa langsung memantau titik-titik di kota Semarang lewat gadget masing-masing, " kata Hendrar.

Di dalam aplikasi ATCS Semarang sendiri terdapat 22 titik pantauan lalu lintas penting yang terekam kamera CCTV. Pemudik bisa dengan mudah mengupdate kondisi lalu lintas secara real time.

"Jadi, buat para pemudik sendiri, mereka sebelum masuk Semarang bisa mengunduh aplikasi tersebut. Mereka bisa melihat situasi mana yang bisa dilewati di Kota Semarang, yang tidak terkena kemacetan," jelasnya.

Hendrar menyebut, memasuki H-5 Lebaran, arus lalu lintas di wilayahnya belum terjadi lonjakan kendaraan berarti. Puncak kepadatan pemudik di Semarang, diprediksi akan jatuh pada dua hari menjelang Lebaran.

"Kalau Lebarannya Minggu, puncaknya mungkin sekitar Jumat dan Sabtu. Nah, ini teman-teman saya minta untuk bekerja keras," ucapnya.

Ia menjelaskan, pelayanan terhadap pemudik ini adalah sebuah hal prioritas yang akan dilakukan mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi maupun hingga Pemerintah Kota, atau Kabupaten. Sehingga, pihaknya akan terus memastikan pelayanan pemudik bisa dilakukan dengan maksimal.

"Kami yang di kota ini juga akan berkomitmen mudik ini lancar, aman, tidak ada kecelakaan. Kemudian, para pemudiknya juga bisa bertemu keluarga pada saat Lebaran," katanya.

Dalam tinjauanya, Wali Kota Semarang juga mengunjungi sejumlah area posko terpadu baik di teriminal Mangkang, Tugu Muda, serta melihat arus mudik di Stasiun Poncol dan Pelabuhan Tanjung Emas. Turut serta dalam rombongan, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji, Wakil Wali Kota Heaverita Gunaryati, Ketua DPRD Kota Semarang, Supriadi dan pejabat terkait. (asp)