Casillas Isyaratkan Pensiun Usai Piala Dunia 2014

Kiper Real Madrid dan Timnas Spanyol, Iker Casillas
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Jasso

VIVAbola - Iker Casillas mengisyaratkan rencana pensiun dari tim nasional Spanyol. Kiper milik Real Madrid ini merasa sudah saatnya pemain-pemain muda menggantikan para seniornya.

Casillas menjadi andalan Tim Matador, julukan Spanyol, sejak berlaga di Piala Dunia 2002. Ketika itu, dia menggantikan posisi kiper utama Santiago Canizares yang terpaksa mundur karena mengalami cedera.

Bersama Spanyol, Casillas sukses merengkuh berbagai gelar bergengsi. Kiper kelahiran 31 tahun silam ini turut mengantarkan negaranya menjuarai Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010 dan kembali merebut Piala Eropa pada 2012.

Wajar saja jika Spanyol kembali menjadi favorit juara Piala Dunia 2014 di Brasil. Namun, di tengah euforia kejayaan Tim Matador, Casillas justru mengendurkan semangatnya sebagai andalan di bawah mistar gawang.

“Setelah Piala Dunia, pasti banyak pemain yang akan memutuskan berhenti bermain untuk Spanyol,” ujar Casillas kepada surat kabar Spanyol, AS.

“Dengan begitu, para pemain muda bisa menggantikan. Karena alasan itulah, menjuarai Piala Dunia akan menjadi klimaks yang hebat. Setelah itu, mungkin tidak terjadi hal yang sama lagi.”

Meski Spanyol dijagokan, Casillas menyadari tidak akan mudah mempertahankan gelar juara dunia. “Kami akan menjadi favorit di Piala Dunia Brasil nanti. Tapi, meski kami memiliki tim hebat, tidak akan mudah menjuarai Piala Dunia back-to-back seperti yang kami lakukan di Eropa,” tuturnya.

Hingga saat ini, Casillas tercatat sudah tampil 143 kali memperkuat Spanyol. Ia pun bertengger di peringkat teratas daftar pemain Tim Matador dengan penampilan terbanyak.

Di posisi 2 terdapat nama mantan kiper Barcelona dan Valencia, Andoni Zubizarreta (126), disusul gelandang Barcelona, Xavi Hernandez (119) di peringkat 3.

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya
Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Ronaldo sudah kembali berlatih bersama Madrid.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016