Soal Penguasaan Bola, Timnas U-19 Kalahkan Tim Senior

Pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan kemenangan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Timnas Indonesia U-19 ternyata memiliki kemampuan penguasaan bola yang lebih baik dari para seniornya. Hal itu terungkap dari laporan statistik pertandingan Timnas U-19 selama perhelatan Piala AFF U-19 di Sidoarjo, September 2013.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Dari data yang dikumpulkan tim High Performance Unit (HPU), Timnas U-19 mampu melepaskan umpan hingga 500 sampai 600 kali per pertandingan. Jumlah itu jauh melampaui rata-rata umpan klub-klub yang berlaga di kompetisi Indonesia Super League (ISL). Rata-rata umpan yang dilakukan klub ISL hanya berada di angka 200 sampai 300 kali.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Tim Garuda Jaya juga memiliki catatan yang bagus dalam urusan ketepatan umpan. Total dari tujuh kali bertanding, Timnas U-19 melepaskan 3.453 umpan, dengan 2.775 di antaranya sukses menjangkau target. Dengan demikian, tingkat akurasi umpan Evan Dimas dan kawan-kawan mencapai 79 persen.


"Paling tinggi ketika melawan Brunei Darussalam. Mereka mampu menguasai jalannya pertandingan hingga penguasaan bola mencapai 63 persen. Kami bekerja berdasarkan alat yang bernama match analyst. Jadi semua detail permainan terpantau jelas," kata salah satu anggota HPU, Rudi Eka, kepada
VIVAbola
di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2013.


"Rata-rata mereka bisa melepaskan 500 sampai 600 umpan di setiap pertandingan. Jumlah ini mendekati permainan tim-tim Eropa yang mencapai 700 kali di dalam satu laga," sambungnya.


Rudi menjelaskan, kunci penguasaan bola Timnas U-19 berada di kaki tiga gelandang jangkarnya, yakni Evan Dimas, M Hargianto dan Zulfiandi. Secara bergantian, mereka selalu menyuplai bola kepada para pemain di lini depan.


Selain urusan penguasaan bola, Timnas U-19 juga lebih jeli dalam melesakkan tembakan ke gawang. Data yang didapat, mereka mampu melepaskan 57 kali usaha tendangan di tujuh laga, dengan 42 di antaranya mengarah ke gawang.


HPU adalah tim sport science bentukan PSSI. Mereka bertugas menganalisa permainan Timnas secara keseluruhan dan performa pemain. Mereka juga bertugas menganalisa permainan calon lawan Indonesia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya