Evan Dimas Cs Berpeluang Tampil di Piala Dunia 2015

Pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan gol
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Tiket putaran final Piala Asia U-19 2014 sudah berada di genggaman Evan Dimas dan kawan-kawan. Kini peluang besar pun ada di hadapan mereka. yaitu berlaga di Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Selandia Baru pada 2015 mendatang.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-19 berpeluang tampil di Piala Dunia U-20. Ajang di mana para pemain muda kelas dunia unjuk kebolehan dan mulai mencuat namanya. Seperti Lionel Messi kala menjadi topskor dan membawa Argentina juara Piala Dunia U-20 pada 2005 lalu.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Namun, syarat untuk berlaga di Piala Dunia U-20, Evan Dimas dan kawan-kawan harus masuk dalam empat besar Piala Asia U-19 pada 2014 mendatang di Myanmar. Dengan demikian, Indonesia otomatis akan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2015.


Seperti dilansir FIFA selaku penyelenggara Piala Dunia U-20, para peserta dipilih tidak melalui babak kualifikasi tapi hasil dari turnamen yang digelar enam federasi sepakbola. Salah satunya adalah Piala Asia U-19 yang digelar AFC (federasi sepakbola Asia).


Peluang Indonesia
Namun, perjuangan berat harus dilalui Indonesia untuk meraih posisi empat besar di Piala Asia U-19 2014. Pasalnya sejumlah raksasa Asia siap menghadang ambisi besar Indonesia. Seperti Jepang, Korea Selatan, Australia dan Irak.


Korea Selatan yang takluk dari Indonesia di kualifikasi menjadi kandidat kuat. Selain berstatus sebagai juara bertahan, tim berjuluk Ksatria Taeguk ini tercatat sebagai tim terbanyak mengantongi gelar juara, yaitu 12 kali.


Meski berstatus sebagai anggota baru AFC, Australia juga patut diwaspadai. Meski belum pernah juara, tim asal benua Australia ini selalu masuk posisi empat besar di tiga turnamen terakhir Piala Asia U-19. Pada tahun 2010, Australia bahkan menjadi runnerup.


Tapi Indonesia memiliki kesempatan membuat kejutan. Mengacu pada penampilan impresif Evan Dimas Cs kala menjuarai Piala AFF 2013 September lalu. Dan yang termutakhir tentu saja kala menaklukkankan juara bertahan, Korea Selatan 3-2 di kualifikasi Piala Asia U-19, Sabtu malam.


Indonesia tercatat pernah sekali menjadi juara Piala Asia U-19. Yaitu pada tahun 1961 di Thailand. Ini memperbaiki prestasi Indonesia yang setahun sebelumnya 1960 hanya menempati posisi empat besar setelah ditaklukkan Hongkon 1-2.


Selanjutnya prestasi terbaik Indonesia di ajang ini hanya bisa dua kali meraih posisi runnerup pada tahun 1967 (Indonesia kalah dari Thailand 0-3) dan 1970 (Indonesia kalah dari Myanmar 0-3).
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya