"Bocah Ajaib" Indonesia Berpotensi Ikuti Jejak Van Basten

Josep 'Pep' Guardiola Sapa Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAbola – "Bocah ajaib" asal Indonesia, Tristan Alif Naufal, saat ini memenuhi undangan Ajax Amsterdam untuk berlatih bersama tim akademi klub raksasa Eredivisie itu. Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh bocah berusia 8 tahun itu demi masuk ke sekolah akademi sepakbola Ajax.   

Seperti diketahui, akademi sepakbola Ajax merupakan salah satu yang terbaik di dunia, bahkan sudah melegenda karena melahirkan nama-nama besar. Sebut saja, Marco van Basten, Frank Rijkaard, Dennis Berkamp, Marc Overmars, Edwin van der Sar, Patrick Kluivert, Clarence Seedorf, dan Wesley Sneijder yang merupakan jebolan akademi sepakbola De Amsterdammers.

Ajax dikenal sebagai klub yang melakukan seleksi ketat sebelum memasukkan pemain muda ke akademi. Mereka juga tak segan mengirim talent scouting ke berbagai negara di dunia demi mencari bakat-bakat sepakbola muda untuk dimasukkan ke akademi sepakbola Ajax.

Oleh karena itu, undangan trial dari Ajax sangat berharga bagi Alif untuk masa depannya. Terlebih, bila klub ibukota Belanda itu ternyata benar-benar memasukkan Alif ke akademi mereka.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

Jika demikian, Alif akan melalui jalur yang sama dengan yang dilewati oleh Van Basten dan Kluivert, yang diundang oleh Ajax untuk berlatih terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke akademi mereka. 
 
Alif nantinya bisa menjalani sebagian besar hari-harinya di kompleks olahraga De Toekomst, baik untuk berlatih sepakbola maupun pengajaran akademis layaknya sekolah normal. De Toekomst memiliki 7 lapangan rumput, 1 lapangan rumput buatan dan satu stadion mini, yang menjadikannya sebagai pusat dari akademi Ajax. Dalam akademi sepakbola Ajax, pola yang dipakai adalah 4-3-3 khas Belanda.

Ajax mencium bakat Alif setelah melihat video aksi mengolah bolanya di Youtube. Kemudian mereka menghubungi keluarga Alif untuk mengundang bocah yang duduk di kelas 4 SD ini berlatih selama sepekan bersama tim U-12 de Amsterdammers. Alif berangkat ke Ajax bersama kedua orangtuanya, mantan fisioterapis Timnas Indonesia, Matias Ibo, dan manajer Andhika Suksmana.

Mau lihat berita menarik lainnya, klik di sini

(one)

5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI
Viral Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

Ditengah berjalannya pawai Timnas Indonesia itu terjadi hal yang menegangkan, yaitu momen ketika mobil trans Jakarta yang menjadi kendaraan imnas memasuki terowongan

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2023