Jadi Tim Sukses Prabowo, La Nyalla Cuti dari PSSI

latihan timnas u-19 di Batu, Malang
Sumber :
  • VIVAnews/Adi Yoga
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Bergabung dengan tim pemenangan kampanye Pemilihan Presiden 2014, La Nyalla Mattalitti memutuskan cuti dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. La Nyalla mengaku keputusannya itu demi memproteksi sepakbola dari kepentingan politik praktis.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

La Nyalla sendiri bergabung dengan tim sukses dari pasangan Prabowo-Hatta Rajasa. Selain cuti dari jabatan Waketum PSSI, La Nyalla juga memutuskan tak terlibat untuk sementara di Badan Tim Nasional (BTN), yang dia ketuai.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Cuti La Nyalla dari PSSI dan BTN berlaku sejak hari ini 26 Mei 2014 sampai dengan 9 Juli 2014. Pria berusia 55 tahun ini berharap keputusannya menjadi pembelajaran bagi semua pengurus sepakbola nasional yang terlibat aktif dalam tim sukses politik praktis.


"Saya ingin memulai tradisi di PSSI untuk tidak menggunakan sepakbola sebagai alat dan kepentingan politik praktis. Tetapi justru politik harus memperjuangkan sepakbola dan olahraga," jelas La Nyalla dalam konferensi pers di Jakarta, Senin 26 Mei 2014.


Sikap La Nyalla untuk tidak mencampuradukkan politik dengan sepakbola juga diperlihatkannya dalam memproteksi Timnas Indonesia U-19. Menurut dia, tak sedikit pihak-pihak yang ingin melibatkan Timnas U-19 dalam berbagai kegiatan untuk kepentingan politik, bisnis, dan pencitraan.


"Tim ini harus fokus untuk menang di AFC Cup nanti. Saya tolak siapa pun yang membawa kepentingan politik," papar Ketua Umum Kadin Jawa Timur ini.


Sementara itu, Sekjen PSSI, Joko Driyono, menyambut positif keputusan pribadi La Nyalla untuk cuti dari sepakbola selama aktif dalam tim pemenangan Prabowo-Hatta. Menurut dia, hal ini menegaskan bahwa semangat fairplay, respect, dan unity ditunjukkan PSSI.


"Ini sangat baik, sekaligus memberi contoh dan pelajaran bagaimana mengurus sepakbola. Keputusan luar biasa," ungkap pria yang akrab disapa Jokdri ini.


Lihat artikel menarik lainnya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya