Pelatih Arema Kurang Sreg dengan Program Naturalisasi

Pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA.co.id – Pelatih Arema FC, Aji Santoso ikut bicara soal rencana PSSI menaturalisasi sejumlah pemain berdarah Indonesia yang saat ini berada di luar negeri. Aji berharap program naturalisasi lebih mengedepankan kualitas pemain.

Hajar Arema FC, Modal PSS Sleman Selamat dari Degradasi

"Naturalisasi bagus tapi kualitasnya harus di atas pemain yang ada saat ini. Kalau sama aja buat apa dinaturalisasi. Saya pikir pelatih dan pengurus mengerti soal ini," kata Aji Santoso, Jumat, 24 Februari 2017.

Aji menyebut PSSI harus belajar atas pengalaman dari program naturalisasi sebelumnya. Naturalisasi diharapkan mampu mendokrak prestasi sepak bola Indonesia, bukan menjadi program sia-sia.

PSS Sleman Makin Percaya Diri Usai Benamkan Arema FC

"Naturalisasi jangan sekedar naturalisasi. Harus berkualitas yang benar-benar membawa sepak bola Indonesia meningkat," ucap Aji Santoso.

"Naturalisasi itu tidak bisa buat jangka panjang, menurut saya inilah naturalisasi terakhir buat Timnas," imbuhnya.

Cerita Kevin Gomes Cetak Gol Perdana Untuk PSS Sleman

Menurut Aji, pembinaan sepak bola usia dini lebih penting dibandingkan naturalisasi. Pemain-pemain muda di daerah membutuhkan satu wadah yang bisa mengasah talenta sepak bola mereka.

"Sebenarnya talenta pesepak bola di Indonesia itu tidak kalah dengan negara yang lainnya. Cuma memang dulu tidak ada satu wadah yang bisa mengantarkan anak ini menjadi pesepak bola besar mereka mencari sendiri itu susahnya. Sekarang ini pengurus mulai mau membangun di akar rumput berarti sudah bagus," papar Aji Santoso.

Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic

PSS Sleman Fokus ke 3 Laga Terakhir demi Hindari Degradasi

PSS Sleman sukses menekuk Arema FC dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Senin 15 April 2024. 

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024