Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 11 Agustus 2017 | 15:09 WIB
  • Kiprah Gemilang PSSI Primavera Dikenang Situs Resmi AFC

  • Oleh
    • Donny Adhiyasa
Kiprah Gemilang PSSI Primavera Dikenang Situs Resmi AFC
Photo :
  • the-afc.com
Artikel tentang kiprah PSSI Primavera dimuat situs resmi AFC

VIVA.co.id – Publik sepakbola Tanah Air tentunya masih sangat mengenang kiprah Skuat Merah Putih berlabel PSSI Primavera pada era pertengahan 1990an. Proyek prestisius mengembangkan potensi tim nasional Indonesia U-19 itu seolah menjelma jadi romantika tersendiri bagi pencinta Skuat Garuda.

Meski gagal menembus Olimpiade Atlanta 1996 sebagai target utama, namun kiprah PSSI Primavera punya catatan apik sebagai tim muda Asia pertama yang masuk kompetisi resmi di Italia. Di bawah juru taktik asal Italia, Romano Matte, Primavera mampu melahirkan bintang-bintang legendaris seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Kurnia Sandy, Bima Sakti dan Yeyen Tumena. Mereka juga menjadi pilar andalan timnas Indonesia.

Kini setelah hampir 25 tahun berlalu, kisah penuh kesan itu diangkat kembali oleh Federasi Sepakbola Asia (AFC). Melalui artikel di situs resminya, AFC coba menuliskan kembali perjalanan para Garuda Muda pada awal bulan ini.

Tak ayal, berkat petualangan mereka di Negeri Pizza, AFC masih mengingat saat 3 bintang Primavera kala itu yakni Kurniawan, Kurnia Sandy dan Bima Sakti pernah bergabung sebagai bagian dari skuat raksasa Serie A kala itu; Sampdoria.

Momen itu pula yang sepertinya menjadikan hubungan sepakbola Italia dengan Indonesia menjadi begitu akrab, dengan bersedianya deretan klub Serie A menyempatkan lawatannya menemui publik Tanah Air.

AC Milan, Lazio dan Sampdoria pun akhirnya pernah menjejakkan langkah ke Indonesia dengan mendapat animo yang luar biasa mengesankan. (one)