Daya Juang Tinggi Tutupi Kelemahan Timnas U-22

Kurniawan Kartika Ajie saat latihan Timnas Indonesia U-22 jelang lawan Kamboja
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dhana Kencana

VIVA.co.id – Peluang Timnas Indonesia U-22 melaju ke babak semifinal SEA Games 2017 Kuala Lumpur, kian terbuka lebar. Hasil imbang 0-0 dalam matchday 4 Grup B kontra Vietnam, jadi bukti solidnya pasukan Luis Milla Aspas.

Manajer Timnas Sesuaikan Visi dengan Shin Tae-yong di SEA Games 2021

Dalam laga yang digelar di Selayang Municipal Council Stadium, Selasa 22 Agustus, Tim Garuda Muda mampu menunjukkan permainan spartan. Meski terus menerima gempuran dan harus bermain 10 orang pasca kartu merah Hanif Sjahbandi, Hansamu Yama Pranata cs mampu menahan imbang Vietnam.

Hal ini jadi salah satu sorotan mantan pelatih Timnas Indonesia, Rahmad Darmawan. Pelatih yang akrab disapa Coach RD, mengulas permainan Timnas U-22 sejak laga awal kontra Thailand. Ia juga mengacungi jempol sistem rotasi yang dilakukan Milla, dan terbukti jitu sejauh ini.

Ngeri, Timnas Indonesia U-22 Diadu Dua Raksasa Sepakbola Dunia

"Saat lawan Thailand, di babak pertama kita main jelek. Tapi di babak kedua bisa meningkat. Kemudian lawan Filipina, jelas ini adalah pertandingan yang berbeda kualitas. Lawan Timor Leste, kita juga bermain baik. Tapi, karena mereka main defensif, kita sulit cetak gol banyak," ujar Rahmad saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 23 Agustus 2017 siang WIB.

Review Coach RD soal hasil kontra Vietnam, adalah permainan spartan Timnas U-22. Ia mengatakan jika permainan Timnas U-22 saat lawan Vietnam sama sekali tak bagus. Namun, ia memuji semangat juang Timnas U-22 yang tak mau begitu saja mengalah.

Bahagianya Persib Ada Kipernya yang Main di Timnas Indonesia U-22

"Saya rasa sistem rotasi yang diterapkan Luis Milla sudah tepat. Dan terbukti, saat lawan Vietnam kemarin kita bisa imbangi. Saya tidak mengatakan kita main baik, tapi fighting spirit para pemain yang sangat besar mampu menutupi kelemahan kita. Selain itu, kita juga beruntung banyak peluang Vietnam yang gagal dimaksimalkan," kata Coach RD.

"Besok kita lawan Kamboja. Ya, minimal kita harus bisa menang 3-0 agar tak ditentukan dari hasil pertandingan tim lain. Saya rasa, kita bisa menang dengan skor itu dan lolos ke semifinal. Sebab, ada beberapa pemain yang saya rasa bisa jadi andalan untuk membuat skor itu," ujarnya.

Selanjutnya, Timnas U-22 akan melakoni laga pamungkas sekaligus laga penentu Grup B kontra Kamboja. Laga Timnas U-22 kontra Kamboja akan digelar Kamis 24 Agustus 2017 di Shah Alam Stadium.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya