Indonesia Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Konferensi pers pertemuan AFF di Bali, 23/9/2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan (Bali)

VIVA.co.id – General Secretary ASEAN Football Federation (AFF), Dato Sri Azzudin bin Ahmad?, menjelaskan jika Indonesia dan Thailand telah berinisiatif untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2034 mendatang. Menurutnya, PSSI selaku otoritas sepakbola di Indonesia telah menyampaikan hal itu kepada ?AFF. 

Breaking News: Piala Dunia 2034 Diadakan di Arab Saudi, Indonesia Mendukung

Azzudin mengaku mendukung penuh hal tersebut. Begitu juga dengan negara-negara anggota AFF lainnya. Indonesia sendiri telah mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. 

"?Ini ada join bidding antara Indonesia dan Thailand. Ini adalah bentuk semangat kekeluargaan dalam ASEAN di mana kami mendukung satu sama lain," kata Azzudin saat memberi pernyataan resmi pada acara AF 12th Council Meeting Session di Nusa Dua, Bali, Sabtu 23 September 2017.

PSSI Dukung Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Menurut dia, Indonesia dan Thailand layak menjadi tuan rumah hajatan akbar sepakbola dunia tersebut. Jika menilik pengalaman Brasil sebagai tuan rumah, jarak antara satu stadion dengan stadion lainnya bisa memakan waktu 4 hingga 5 jam. 

"Tapi jarak Indonesia dan Thailand itu hanya 2,5 jam hingga 3 jam saja," katanya.

2 Opsi Indonesia Bidding Tuan Rumah Piala Dunia 2034 

Apalagi, ia menilai Indonesia memiliki fans sepakbola yang begitu fanatik. Azzudin masih ingat betul ketika Malaysia berlaga di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Saat itu, ia tak melihat sama sekali suporter Malaysia di GBK.? Bahkan, katanya, Timnas Malaysia harus dievakuasi menggunakan kendaraan lapis baja milik polisi. Hal itu terjadi ketika fnal Piala AFF 2010. 

"Indonesia punya fans yang fanatik. Sampai saya tidak menemukan suporter malaysia di sini bahkan kami punya pengalaman naik baracuda ketika bertanding di GBK."

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha mengaku upaya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 mendapat dukungan penuh dari pemerintah. 

"Kita akan mendobrak dunia dengan persiapan Piala Dunia yang matang," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya