Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 31 Oktober 2017 | 18:19 WIB
  • Suporter Berulah di SEA Games 2017, PSSI Didenda AFC

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Suporter Berulah di SEA Games 2017, PSSI Didenda AFC
Photo :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan
Striker Timnas U-22, Ezra Walian bersama suporter di SEA Games 2017.

VIVA – Federasi Sepakbola Asia (AFC) menjatuhkan hukuman kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Sebabnya adalah perilaku suporter saat mendukung tim nasional Indonesia melawan Kamboja di SEA Games 2017 lalu.

Dalam keputusan sidang Komite Disiplin AFC yang dilansir laman resmi pada Selasa 31 Oktober 2017, suporter Indonesia kedapatan melempar botol minuman ke dalam lapangan. Dan ada sebagian yang sengaja menerobos dari tribun.

Dengan begitu, suporter Timnas Indonesia dianggap telah melakukan pelanggaran terhadap pasal 65 Kode Etik dan Disiplin AFC. Mereka mengharuskan PSSI membayar dengan sebesar Rp217 juta.

AFC pun memberi peringatan kepada PSSI. Andai pelanggaran seperti itu terulang, hukuman lebih berat akan diberikan oleh mereka.

PSSI diberi waktu selama 30 hari ke depan untuk melakukan banding. Sanksi yang diterima bisa berkurang atau tidak bergantung dengan pembelaan yang diberikan.

Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) juga dijatuhi denda karena perilaku suporter di SEA Games 2017 lalu. Ketika itu mereka berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Menurut keterangan pegawasan pertandingan kepada AFC, menit 87 terdengar suara ledakan petasan yang menggangu. Akan tetapi, denda yang dijatuhi kepada FAM jauh lebih kecil, yakni sebesar Rp101 juta.