Kalah Fisik, Tak Jadi Halangan Indonesia Bekap Guyana

Sempat Tertinggal, Indonesia Akhirnya Menang Atas Guyana
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Meski harus berhadapan dengan Guyana yang memiliki pemain yang rata-rata bertubuh besar, Timnas Indonesia mampu memetik hasil sempurna. Pasukan Luis Milla Aspas menang 2-1  dalam laga uji coba di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu 25 November 2017.

Lawan Arema FC, Pelatih Persebaya Surabaya Harapkan Ini dari Wasit

Dalam laga ini, Tim Garuda sempat kesulitan menghadapi Guyana hingga 30 menit babak pertama. Keunggulan fisik yang dimiliki armada The Golden Jaguars membuat Evan Dimas cs, kerap gagal menembus kotak penalti lawan.

Gol pertama yang dicetak Shaquille Agard ke gawang Satria Tama, jadi bukti keunggulan fisik pemain Guyana. Shaquille yang memiliki tinggi badan 184 sentimeter, tak bisa dihentikan lajunya oleh para pemain belakang Indonesia.

Pembelaan Terakhir Philippe Troussier Usai Vietnam Dicukur Indonesia

Namun demikian, Indonesia tetap saja mampu memetik kemenangan. Perubahan strategi yang dilakukan Milla berbuah hasil di menit 36 dan menit 75, lewat aksi Ilija Spasojevic.

Menurut gelandang Timnas, Muhammad Hargianto, ukuran tubuh seorang pemain tak terlalu berpengaruh kepada hasil pertandingan. Bintang muda Persija Jakarta itu berpendapat, jika seorang pemain bertubuh kecil mampu bermain maksimal, tetap akan meraih hasil yang maksimal juga.

Timnas Vietnam Pecat Philippe Troussier

"Sebenarnya bermain bola sama saja, tidak melihat ukuran badan seseorang. Kalau mereka berbadan besar dan memang bagus, kita harus bilang mereka bagus. Walaupun kita kecil, tetapi berani bermain melawan pemain bertubuh besar, kita bilang itu bagus," kata Hargianto kepada wartawan usai laga.

Selebihnya, Hargianto mengatakan jika kemenangan ini jadi pelajaran penting bagi timnya. Sebab, ia dan rekan-rekannya tengah disiapkan menuju gelaran Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Di event tersebut, Indonesia akan menghadapi banyak lawan yang jauh lebih tangguh dari Guyana.

Hargianto berjanji akan memberikan kemajuan yang diperoleh dalam setiap sesi latihan dan pertandingan uji coba.

"Hasil pertandingan mungkin jadi pelajaran untuk Asian Games nanti. Kami yang sekarang banyak membuat kesalahan, bisa lebih baik ke depannya nanti. Kami akan mencoba membuat progres di setiap latihan," ujar Hargianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya