VIDEO: Terbongkarnya Skandal Pengaturan Skor Sepakbola Dunia

Yunani Tahan Polandia Pada Euro 2012
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach
VIVAbola
20 Kutipan Kenangan 2014 dalam Dunia Sepakbola (1)
- Lembaga intelijen Uni Eropa, Europol mengumumkan kabar mengejutkan dengan mengatakan ada dugaan pengaturan pertandingan di dunia sepakbola profesional. Europol mengklaim sebanyak 680 pertandingan telah diatur oleh sebuah sindikat yang berbasis di Asia.

VIDEO: Laga Amal Legenda Sepakbola Dunia untuk Korban Topan Haiyan

Dari 680 pertandingan itu, 380 diantaranya terjadi di Eropa mulai dari Divisi Empat Jerman hingga Liga Champions dan Kualifikasi Piala Dunia. Sedangkan 300 pertandingan lainnya tersebar di Afrika, Asia, Amerika Latin dan Amerika Tengah. Kecurangan ini dikabarkan mulai terjadi dari 2008 hingga 2011.
Hasil Lengkap Gala FIFA Ballon d'Or 2013


Ingin melihat videonya,


Masih menurut Europol, sindikat ini telah menggunakan 425 petugas pertandingan, ofisial klub hingga pemain dari lebih 15 negara untuk menjalan operasinya. Rob Wainwright, Direktur Interpool, mengatakan pihaknya akan segera meneruskan temuan ini kepada pihak terkait.


Namun hingga saat ini, Europol masih enggan membeberkan detail dari temuan-temuannya itu termasuk nama pejabat, klub dan pemain yang terlibat. Europol hanya memastikan sebagian besar terjadi di Eropa termasuk dua laga Liga Champions yang salah satunya digelar di Inggris. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya