15 SSB Berebut Tiket ke London

Robert Pires Melatih Anak-anak Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Kejuaraan sepakbola usia dini bertaraf internasional Danone Aqua Nations Cup (DNC) memasuki final nasional. Sebanyak 15 Sekolah Sepak bola (SSB) dari seluruh Indonesia akan berebut satu tiket ke final untuk mewakili Indonesia di partai pamungkas DNC yang berlangsung di London, Inggris.

15 tim tersebut merupakan juara regional yang telah berlangsung pada Februari sampai April 2013. Final nasional itu berlangsung 1 sampai 2 Juni 2013 di Gelanggang Olahraga (GOR) Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Sebelum berlaga di partai final nasional, mereka terlebih dahulu harus melewati tahapan penyisihan grup, perempatfinal, dan semifinal.   

Pemenang final nasional akan berangkat ke London dan bersaing dengan 31 tim dari negara lain di final dunia DNC di Stadion Wembley, Inggris, September 2013. Di Indonesia sendiri, kejuaraan sepakbola junior ini telah berlangsung selama 11 tahun.

Lewat turnamen ini, sejumlah nama pemain besar lahir seperti Andik Vermansyah (Persebaya 1927) dan Rasyid Bakrie (PSM Makassar).

Dalam jumpa pers di Pacific Place, Kamis 30 Mei 2013, salah satu alumni DNC, Andik memompa semangat kepada 15 tim yang akan berlaga di level nasional. Pemain jebolan DNC 2004 itu meminta tim agar jangan menyerah.

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot

"Saat itu, tim saya tidak berhasil menembus final nasional. Namun saya tidak menyerah dan terus berusaha untuk meraih mimpi. Jangan pernah menyerah. Menang atau kalah bukan masalah," ujar Andik.

Andik antusias dengan langkah produsen air mineral itu yang rutin menggelar turnamen DNC setiap tahun di Indonesia. Dia menaruh harapan, kejuaraan ini bisa terus digalangkan dan berkesinambungan.

"Kalau melihat turnamen ini saya malah ingin kembali ke masa kecil lagi. Dulu saya pernah gagal dan tidak berangkat ke Paris (DNC 2004)," kata dia.

Sementara itu, perwakilan Aqua mengucapkan selamat kepada 15 tim yang berhasil menembus final nasional. "Selamat kepada para pemenang di tingkar regional. Mereka telah berusaha keras untuk bisa bermain di Stadion Wembley, London, Inggris," ujar VP Corporate Secretary Danone Aqua, Parmaningsih Hadinegoro.

Deretan Musisi Indonesia yang Awet Muda di Usia 40an
Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016