Pesepakbola Wanita AS Berlutut Saat Lagu Kebangsaan Diputar

Pesepakbola wanita Amerika Serikat, Megan Rapinoe
Sumber :

VIVA.co.id – Pesepakbola wanita Amerika Serikat, Megan Rapinoe, berlutut saat lagu kebangsaan Amerika diputar, ketika membela tim nasional. Rapione melakukan aksi tersebut sebelum laga melawan Belanda, Minggu 18 September 2016.

Hasil Laga Sepakbola: Spurs Tersingkir, Persib dan ManCity Perkasa

Hal yang sama juga dilakukan oleh Rapione ketika membela timnya Seattle Reign. Foxsport melaporkan, hal tersebut dilakukan oleh Rapione sebagai bentuk protesnya atas aksi rasial di Negeri Paman Sam ini. 

"Mewakili negara adalah bentuk keistimewaan dan kehormatan bagi seorang pemain dan pelatih, terkait dengan Timnas Sepakbola Wanita Amerika. Lagu kebangsaan memiliki makna yang signifikan bagi sepakbola Amerika. Bermain bersama Timnas di depan negara dan dunia adalah kesempatan bagi pesepakbola pria dan wanita untuk merenungkan kebebasan dan menghargai semua di negeri ini. Sebagai bagian dari hak istimewa untuk mewakili negara, kami memiliki harapan bahwa pemain dan pelatih kami akan berdiri dan hormat terhadap bendera selama lagu kebangsaan diputar," tulis Rapione dalam sebuah pernyataan.

5 Dampak Konflik Rusia-Ukraina di Dunia Sepakbola

Federasi Sepakbola Amerika menyatakan tidak akan menghukum Rapione karena aksinya tersebut. Meskipun saat protes pemain berusia 31 tahun ini menggunakan jersey lengkap dan siap bermain. 

Rapione percaya bahwa apa yang dilakukannya ini sangat penting, saat ia mewakili negaranya. Sementara itu, aksi serupa juga dilakukan oleh pemain American Football, Colin Kaepernick. 

Bus Tim Sepakbola Terkena Ledakan dalam Perjalanan untuk Tanding

Penolakan Kaepernick untuk berdiri saat lagu kebangsaan diputar adalah sebagai bentuk protes, serta agar publik mengetahuinya. Ia memprotes ketidakadilan dan penindasan minoritas. (one)

Pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Arsenal

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola: Liverpool, PSG dan Madrid Beraksi

Sederet pertandingan menarik bakal tersaji dari dunia sepakbola, Sabtu-Minggu dini hari WIB 6 Maret 2022. Mulai dari Liverpool hingga Real Madrid beraksi.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2022