Pemain Buangan yang Jadi Pahlawan Klub Baru

Dani Alves saat masih membela Juventus
Sumber :
  • Twitter Juventus FC

VIVA.co.id – Kontribusi tiga assist dan satu gol penting Dani Alves mengantarkan Juventus ke babak final Liga Champions 2017. Penampilan mengesankan eks bek Barcelona yang pindah ke Juventus dengan status bebas transfer.

Tak Mampu Bayar Jaminan, Dani Alves Masih Mendekam di Penjara

Alves meninggalkan Barcelona tahun lalu dengan membawa luka batin yang menganga. Dia pergi dari Camp Nou ke Juventus secara cuma-cuma lantaran merasa tak dihargai sama sekali oleh tim asal Catalan itu. Alves membela Barcelona sejak 2008 hingga 2016.

Kesuksesan Alves membawa Juve hingga ke babak tertinggi di liga paling bergengsi itu membetot perhatian.

Tak Sudi Ada Pemerkosa, Barcelona Hapus Nama Dani Alves dalam Daftar Legenda

Dilansir Four Four Two, ada banyak pemain yang senasib dengan Alves dan berhasil membawa klub yang menerimanya secara gratis pada pencapaian-pencapaian prestasi puncak. Berikut ini beberapa pemain bebas transfer tersukses sepanjang masa.

1. Roberto Baggio (AC Milan ke Bologna, 1997)

Pesepakbola Dani Alves Dinyatakan Bersalah Atas Pemerkosan, Hukuman Penjara 4 Tahun 6 Bulan

Legenda Italia Roberto Baggio

AC Milan tak memperpanjang saat kontraknya habis pada 1997. Bologna yang ketika itu diambang degradasi menampungnya. Penampilan Baggio sangat impresif dengan mencetak 22 gol, enam assist, dan timnya finish nomor 8 klasemen. Kesuksesan Baggio membuatnya masuk skuat Piala Dunia 98 dan setelah itu mendapatkan transfer ke Inter Milan.

2. Esteban Cambiaso (Real Madrid ke Inter Milan, 2004)

Mario Balotelli bicara dengan Esteban Cambiasso dalam derby Milan

Setelah pada 2003/2004 hanya dimainkan sembilan kali oleh Real Madrid, Cambiaso bergabung ke Inter yang kala itu dilatih Roberto Mancini, gratis.

Tahun pertama bersama Inter, dia mengangkat piala Coppa Italia. Tahun berikutnya saat dilatih Jose Mourinho, dia memberikan kontribusi penting bagi Inter dalam merengkuh sembilan gelar termasuk Scudetto dan Liga Champions.

3. Raul Gonzales (Real Madrid ke Schalke, 2010)

Julian Draxler dan Raul Gonzales rayakan gol ke gawang Stuttgart

Setelah kedatangan Cristiano Ronaldo di Bernabeu, Raul mulai tersisih. Musim berikutnya dia transfer gratis ke klub Bundesliga Schalke. Pada 2011, dia berhasil membawa Schalke menjadi semifinalis Liga Champions dan klubnya meraih posisi ketiga Bundesliga.

4. Andrea Pirlo (AC Milan ke Juventus, 2011)

Mantan pemain Juventus, Andrea Pirlo

Juventus sangat beruntung mendapatkan Pirlo secara gratis. Pemain yang telah membela Milan selama sepuluh tahun itu memberikan sumbangan besar dan mengangkat moral tim.

5. Robert Lewandowski (Dortmund ke Bayern, 2014)

Penyerang Bayern Munich, Robert Lewandowski

Pada 2013, pemain ini membetot perhatian. Dortmund tak melego atau memperpanjang kontraknya yang tinggal hitungan bulan. Namun, sang pahlawan butuh kepastian. Segera setelah musim kompetisi berakhir, kontrak dengan Bayern Munich terjadi dengan gratis. Hingga saat ini, Lewandowski masih menjadi salah satu ujung tombak maut The Bavarians. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya