Kasus Doping Melanda Skuat Rusia di Piala Dunia 2014

Belgia vs Rusia Piala Dunia 2014
Sumber :
  • REUTERS/Ricardo Moraes

VIVA.co.id – Skuat Rusia di Piala Dunia 2014, kini tengah diselidiki oleh FIFA, karena dugaan kasus doping. Sebelumnya, 34 atlet di Rusia, juga tengah diselidiki oleh Badang Anti-Doping Dunia, atau WADA. 

Gelar Pemain Terbaik Piala Dunia Milik Lionel Messi Dipertanyakan

Diktuip dari Foxsport, Senin 26 Juni 2017, 23 pemain sepakbola Rusia di Piala Dunia 2014, dikabarkan tengah diselidiki. Empat pemain yang kabarnya akan diselidiki adalah kiper Igor Akinfeev, Denis Glushakov, Maksim Kanunnikov, dan Aleksandr Samedov. Mereka juga menjadi skuat Rusia di Piala Konfederasi 2017.

"FIFA masih menyelidiki tuduhan dilakukan terhadap pemain sepakbola (Rusia)," kata juru bicara FIFA. 

Thomas Mueller Bantah Rumor Pensiun dari Timnas Jerman

Kabarnya, saat melakukan tes doping, pemain Rusia bertukar urin dengan pemain yang bersih dari doping. Mantan Kepala WADA, Dick Pound mengatakan, ada tanggung jawab yang besar dari FIFA terkait hal tersebut. 

"Ini adalah kewajiban mereka untuk mengatakan dan mengambil alih apa yang mereka temukan, dan mengambil tindakan yang diperlukan. Ini diperlukan untuk menjaga intergritas dari olahraga itu," kata Pound. 

Dahsyat, Piala Dunia 2022 Qatar Cetak Rekor Gol

"Di sepakbola, ada kampanye doping selama bertahun-tahun. Dan, saya telah melihat banyak presentasi dari FIFA," tambah Pound. 

Sementara itu, Presiden Federasi Sepakbola Rusia, Vitaly Mutko membantah, jika sepakbola Rusia menggunakan doping. (asp)

Mesut Oezil

Mesut Oezil Putuskan Pensiun

Mantan gelandang Arsenal, Real Madrid dan Timnas Jerman, Mesut Oezil mengumumkan dirinya pensiun sebagai pesepakbola profesional pada usia 34 tahun. "Terima kasih."

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2023